Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE SPORT

Paralayang & Paramotor resmi jadi kejuaraan tingkat international 

LENSAINDONESIA.COM: Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia (PB FASI) adakan 2 kegiatan besar di tahun 2014, yakni konferensi Gantolle-Paralayang Dunia (CIVL Plenary Meeting) dan Bali Aero Sport Festival (BASF).

Menurut Ketua Umum PB FASI, Marsekal TNI, IB Putu Dunia, dalam pelaksanaan BASF 2014 yang dinilainya. Kegiatan ini sangat positif, membantu mewujudkan visi penguatan air power bangsa ini.

“Sebanyak 23 negara anggota FAI (Federation Aeronotique de Internationale), hadir dalam kongres itu, yang salah satu agendanya menyempurnakan standar dan peraturan perlombaan cabang paralayang dan paramotor dalam skala dunia.” ujar I Putu Dunia saat menghadiri BASF di Pantai Legian, Seminyak Bali, Sabtu (22/02/14).

I Putu menambahkan, di Pantai Legian ada 47 payung dan mesin paramotor, yang menjadi bagian dari gelaran kedirgantaraan ini, beriringan dengan trike, gantole, pesawat aeromodelling, dan paratrike yang penerbangannya diatur secara khusus.

“Cabang olahraga kedirgantaraan Indonesia termasuk paling cepat perkembangannya ditingkat dunia. Pada Asian Beach Games 2008, tujuh dari delapan medali emas bisa disapu bersih kontingen Indonesia,” terangnya.

Komandan Lanud Ngurah Rai, Kolonel Pnb Sugiharto PW mengatakan, seperti yang kita ketahui salah satu cabang olahraga dirgantara yang resmi dalam kejuaraan ditingkat nasional maupun internasional adalah olahraga dirgantara.

“Dimana cabang olahraga ini yang bernaung dibawah FASI dan sudah tentu mempunyai hubungan dengan TNI Angkatan Udara, salah satu tugas TNI Angkatan Udara dalam meningkatan potensi kedirgantaraan dan membina. Saya memberikan apresiasi dan menyikapinya untuk mengadakan Bali Aero Sport Festival ini yang meliputi paramotor, strike, terjun payung, gantolle, aeromodeling,” ungkap Sugiharto.

Menurutnya, penyelenggara BASF 2014 ini, dapat diharapkan menjadi sarana yang mampu melahirkan jiwa raga yang sehat, rasa kebersamaan, menjunjung tinggi sportivitas, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga pembinaan potensi kedirgantaraan untuk pemberdayaan manusia terutama generasi muda sebagai generasi penerus yang memiliki pemahaman tentang pentingnya aspek kedirgantaraan yang sewaktu-waktu dimana kita siapkan diterapkan melalui mobilisasi untuk memperkuat komponen bangsa.

Baca Juga:  Pelatih Timnas Indonesia U-19 berharap China tampil menekan

“BASF 2014 juga berbarengan dengan Kongres Tahunan Commission Vol de Libre (Paralayang dan Layang Gantung) Federation Aeronotique de Internationale, yang dibuka Presiden FAI, John Grubbstorm, dan Presiden Parayalang Layang Gantung FAI, August Gudnundsson,” pungkasnya.

Bali Aero Sport Festival dibuka oleh Sekjen PB FASI Marsma TNI (purn) Nil yang di saksikan mantan Ketua Basarnas Marsekal TNI (purn) Daryatmo, Direktur Utama Citilink Muhammad Arif Wibowo, Perwakilan Indo Surya Life Trisnadi Luhendo, Pangdam IX Udayana mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Umum Pelaksana CIVL (Commision Internationalle De vol libre) Adi Dirhamsyah. @Noviar