Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Kadis PU Bina Marga kembali dipanggil Kejaksaan Surabaya 

LENSAINDONESIA.COM: Kejari Surabaya kembali memanggil Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, Erna Purnawati guna dimintai keterangan terkait penyelidikan pembangunan jalan Middle East Ring Road (MERR) II C di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Surabaya, Nurcahyo Jungkung Madyo menjelaskan bahwa ada dua saksi yang dipanggil ke Kejari Surabaya. “Kedua saksi ini dipanggil ulang. Selain Bu Erna, satu saksi lainnya adalah staf dari Bu Erna,” jelasnya dihubungi wartawan, Selasa (25/2/2014).

Diungkapkan, kedua saksi ini menghadiri panggilan penyidik. Mereka datang ke Kejari Surabaya sekitar pukul 09.30 WIB dan pulang pada siang hari. “Sebenarnya ada tiga saksi yang dipanggil. Hanya saja, satu saksi berhalangan hadir sehingga baru dua saksi. Satu saksi lain akan dijadwalkan pemanggilan berikutnya,” terangnya.

Mengenai pemeriksaan itu, dia menguraikan bahwa Erna dan stafnya dipanggil untuk dimintai keterangan seputar dokumen yang telah diserahkan ke Kejari Surabaya. Sebelumnya, pihaknya sudah menerima semua dokumen yang diserahkan, termasuk dari Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya. Namun ada beberapa dokumen yang kurang, sehingga Dinas PU Bina Marga dan Pematusan kembali mengirim tambahannya. Penyidik kemudian mempelajari dan meneliti dokumen itu.

“Setelah mempelajari berkas tambahan itu, kami kemudian perlu memanggil ulang para saksi ini. Untuk saat ini kami sudah mendapatkan keterangan yang dibutuhkan dari dua saksi ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, pembangunan jalan MERR II C di Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya dilakukan sejak tahun 2012. Proyek ini dibiayai Pemkot Surabaya dan pusat. Untuk pelepasan lahan tahun 2013 sepanjang 1,6 km dan menjangkau 250 persil dengan luas 1,2 hektar di kawasan proyek, pemkot mengeluarkan anggaran Rp 30 miliar. Dari dugaan awal, ada pungli pada proses pelepasan lahan itu.@ian