LENSAINDONESIA.COM: Pengumuman nama Wakapolri baru pengganti Oegroseno bakal dilakukan, Jumat (28/02/2014) hari ini. Mabes Polri akan mengumumkan nama Wakapolri baru pengganti Komjen Oegroseno.

Indonesia Police Watch (IPW) menduga, Kapolri akan menyebut nama seorang Komjen dari Akpol 82 sebagai wakilnya. “Bagi IPW, siapa pun yang akan menggantikan Oegroseno yang terpenting figur Wakapolri baru harus punya integritas tinggi dan mau berkomunikasi dengan siapa pun. Sehingga reformasi Polri dan paradigma baru Polri bisa segera terwujud,” kata Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane pada LICOM Jakarta, Jumat (28/02/2014).

Dia mengatakan, karakter Wakapolri baru yang terbuka menjadi sangat penting. Mengingat, Polri harus mengawal tahun politik 2014 yang diwarnai Pileg dan Pilpres.

“Tanpa sikap terbuka dan senantiasa mau berkomunikasi dengan berbagai pihak, Kapolri dan Wakapolri akan kedodoran menghadapi situasi Kamtibmas 2014,” tandas Neta.

IPW berharap, wakapolri baru memiliki karakter yang baik, berketeladanan dan dibutuhkan kemampuan yang prima untuk berkolaborasi positif. Tantangan jangka pendek Polri adalah merawat rasa aman pra dan pasca Pemilu dan Pilpres 2014.

“Hal ini tentu membutuhkan sinerjitas Polri dengan semua pemangku kebijakan negara, terutama TNI. Jika Mabes Polri mengangkat Pati dari Akpol 82 berarti Wakapolri baru tersebut merupakan junior Kapolri Sutarman. Wakapolri baru dari angkatan dan usia yang lebih muda dibanding Kapolri Sutarman tentu akan memudahkan kerjasama antar keduanya. Sehingga komunikasi dan koordinasi antar Kapolri dan Wakapolri tidak ada kesenjangan,” pungkas Neta.@endang