Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Partai PDI Perjuangan telah membuat proyeksi untuk kabinet pemerintahan yang akan diterapkan jika memenangkan Pilpres 2014. Kabinet bayangan itu dibuat sebagai salah satu wujud keseriusan PDI-P dalam upaya memenangkan Pemilu 2014.

Pengamat Politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Hanta Yuda menilai langkah PDI Perjuangan sudah bagus untuk menyongsong kepemimpinan nasional yang sebentar lagi akan digelar.

“Sebenarnya terminologi kabinet bayangan itu berlaku di oposisi untuk mengontrol kabinet yang ada. Kayaknya itu mau promosi nama lebih awal. Tapi catatan saya yang lain, ini dimunculkan karena sebelumnya ada isu penyadapan Jokowi bersamaan dengan Risma yang lagi rame,” kata Hanta Yuda di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jum’at (28/02/2014).

Apakah ada kemungkinan untuk  menutup isu tersebut? Hanta Yuda menjawab,” Saya tidak tau, tapi paling tidak mengimbangilah. Karena kasus Risma ini cukup merugikan PDIP,” tandas  Hanta Yuda.

Dia juga menagatakan, bahwa yang dibutuhkan dari PDIP sebelum memunculkan nama-nama ke depan, sudah mempersiapkan ide dan gagasan untuk Indonesia dalam lima tahun mendatang.

“Lalu, setelah tau kebutuhan Indonesia ke depan, kalau PDIP berkuasa, struktur formasi kabinetnya, baru setelah itu bicara nama. Jangan langsung ke nama. Pokoknya kita apresiasi, bagus memunculkan nama secara ide,” pungksnya. @endang