Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JAKARTA

e-Filling mudahkan wajib pajak dalam penyampaian SPT tahunan 

LENSAINDONESIA.COM: Para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur (Jaktim), mengikuti sosialisasi penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi secara e-filling, di Ruang Pola Blok A Kantor Walikota Jaktim, Selasa (04/03/14).

Arifin mengharapkan, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Jakarta Timur dapat menjadi pelopor dan agen perubahan dalam hal perpajakan. Untuk itu meminta para pegawai dapat mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya.

“Saya menyambut baik dengan diadakannya sosialisasi ini dan berharap para pegawai dapat ikut menjelaskan kepada masyarakat luas,” ujar Sekretaris Kota (Sekko) Jaktim Drs. Arifin, MAP bersama Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jaktim, Haryo Damar, saat membuka kegiatan sosialisasi.

Sementara itu, Haryo mengungkapkan, penyampaian SPT Tahunan selain dapat melalui DropBox, Direktorat Jenderal Pajak juga memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk menyampaikan SPT Tahunan dengan e-filing melalui website efiling pajak.go.id. Lewat e-Filing, pelaporan SPT Tahunan semakin mudah dengan hanya 3 langkah, mengajukan permohonan e-FIN, daftar di website dan laporkan SPT secara online.

“Dengan sistem e-Filing dapat diharapkan dapat meningkatkan ratio tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi. e-filing ini bertujuan untuk memudahkan wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan Orang Pribadi dengan menggunakan internet, sehingga bisa dilakukan dimana saja,” terang Haryo.

Menurut Haryo, di tahun 2014 ini Direktorat Jenderal Pajak menargetkan 700.00 Wajib Pajak (WP) yang melaporkan e-Filing secara nasional. Sebelum WP (Wajib Pajak) menyampaikan SPT Tahunan melalui e-Filing.

“Mereka di haruskan mendaftarkan e-FIN ke kantor pajak terdekat dan setelah itu melakukan registrasi e-Filing di websiteefiling.pajak.go.id,” jelas Haryo. @winarko