LENSAINDONESIA.COM: Kunjungan kerja (kunker) Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Jawa Timur tak hanya dipakai untuk tugas kenegaraan. Tetapi juga dimanfaatkan untuk menyapa masyarakat di Surabaya. Ya, SBY menyempatkan diri berkunjung ke Galaxy Mall Surabaya pada Selasa (11/03/2014) malam.

Pantauan LICOM, SBY yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono serta sejumlah menteri dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama istrinya, Nina Soekarwo mall di kawasan Surabaya Timur itu sekitar pukul 19.30 WIB. Begitu masuk mall, rombongan presiden langsung menuju food court (tempat makan).

Tak pelak, kehadiran para petinggi negara ini menarik setiap pasang mata pengunjung. SBY dan Bu Ani makan semeja dengan Pakde dan Bude Karwo, M. Nuh Mendikbud dan Chairul Tanjung, pemilih salah satu stasiun televisi swasta. Mereka makan malam dengan dikelilingi warga Surabaya. Tentunya masih dengan penjagaan paspampres, namun tak se-ketat biasanya saat bertugas secara resmi.

Usai makan, SBY sudah disambut dengan puluhan pengunjung yang sudah antri berbaris disampingnya dengan membawa sebuah buku berjudul “Selalu Ada Pilihan” karya Presiden. Tak lama, SBY dengan ramah mempersilahkan mereka maju satu per satu ke mejanya untuk memberikan tandatangan di setiap buku yang dibawa pengunjung.

Marta Bella, salah satu pengunjung yang ikut antri mengaku sangat senang bisa mendapatkan tanda tangan Presiden RI. “Seneng banget saya dapat tanda tangan Pak SBY, ini saya bela-belain beli langsung bukunya barusan,” ungkapnya saat ditemui LICOM di Galaxy Mall (GM).

Sementara untuk pengamanan di GM sendiri juga tampak lebih ketat. Jika biasanya di pintu masuk tak ada alat pendeteksi seperti di bandara, kali ini disediakan. Bahkan para pengunjung diwajibkan menaruh tas dan melepas jaket saat melewati alat tersebut.

Untuk jadwal kunker sendiri baru dimulai pada Rabu (12/3/2014) besok, dengan mengunjungi Mako Armatim Surabaya. Disana Presiden akan menyaksikan penyerahan secara simbolis miniatur Pesawat CN 235 – 220 N-61 MPA oleh Budi Santoso, Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, kepada Laksamana Muda TNI Rachmad Lubis, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan. Sementara untuk jadual kunker Presiden diagendakan hingga 13 Maret mendatang.@sarifa