LENSAINDONESIA.COM: Untuk mencapai keberhasilan dalam tugas operasi tentunya tidak terlepas dari pembuatan perencanaan serta pengujian rencana operasi, hal ini yang dilaksanakan oleh unsur-unsur Satuan Lanud-Lanud Jajaran Koopsau I yang terlibat dalam Latihan Jalak Sakti 2014 yang meliputi unsur tempur dari Lanud Supadio dan Lanud Roesmin Nurjadin, unsur Intai, unsur angkut C-130 Hercules dari Skadron 31 Lanud Halim Perdana Kusuma dan unsur Pasukan Khas TNI AU serta unsur-unsur lainnya dengan menggelar Latihan Tactical Floor Game (TFG) dan Tactical Air Maneuvering Game (TAMG), di Gedung Serba Guna Makoopsau I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (21/03/14).

Kegiatan diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Inspektur Koopsau I Kolonel Pnb Pip Darmanto mewakili Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI M. Syaugi, S. Sos selaku Pimpinan Umum Latihan didampingi Asops Kaskoopsau I Kolonel Pnb Tedy Rizalihadi dihadiri pula oleh para Asisten, Komandan unsur latihan dan awak pesawat yang terlibat dalam kegiatan latihan jalak Sakti 2014.

Menurut pangkoops I, TFG dan TAMG adalah latihan aktual dalam memberikan gambaran dari keseluruhan tahapan dan gerakan pasukan ke daerah sasaran pada saat gladi lapangan.

“Pada TFG dan TAMG yang diperankan oleh masing-masing unsur yang terlibat, seperti pergerakan pesawat-pesawat dari pangkalan yang berbeda dan pasukan sesuai dengan time over target (TOT) sebenarnya,” katanya.

Ia mengatakan, latihan ini digelar sejak tanggal 20 Maret 2014 dimulai dengan gladi posko dan melibatkan kekuatan personel dan alutsista TNI AU dibawah jajaran Koopsau I ini.

“Dalam upaya mencapai tingkat kesiapan operasional yang tinggi bagi satuan-satuan yang ada serta dalam rangka pembinaan profesionalisme para awak pesawat dan pasukan yang terlibat,” ujarnya. @winarko