Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya mampu menembus lima besar perolehan suara parpol terbanyak dalam Pemilu Legislatif (2014) yang dihasilkan oleh hampir semua perhitungan cepat quick count.

Kesuksesan PKB menyalip Partai Demokrat tidak lepas dari startegi ‘licik’ yang dimainkan oleh Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar yang menggaet sejumlah tokoh nasional seperti raja dangdut, Rhoma Irama, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan mantan wapres Jusuf Kalla (JK) dalam mendulang suara partainya.

“PKB (Muhaimin) dalam bahasa Inggris istilahnya clever, dalam bahasa Indonesianya licik. Muhaimin menghasilkan suara dari akar rumput PKB,” ujar pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakt di Gedung LIPI, Jakarta Selatan, Kamis (10/04/2014).

“Sekali lagi, ini karena ‘kelicikan’ Muhaimin. Saya ngomong ini juga di depan Muhaimin, bukan di belakangnya,” sambungnya.

Seperti diketahui, hasil hitung cepat quick count PKB mengalami peningkatan yang cukup signifikan yang menembus lima besar partai politik dengan perolehan suara terbanyak dengan meraih 9,31 persen. Perolehan suara PKB ini naik 4,18 persen dan tertinggi di antara semua partai Islam yang sebelumnya dipegang oleh PKS.@firdausi