LENSAINDONESIA.COM: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merasih perolehan suara cukup signifikan dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, 9 April lalu. Berdasarka penghitungan sementara, Partai berlambang banteng moncong putih ini dipastikan akan menguasai kursi DPRD 18 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Tb Hasanudin mengatakan, hasil perhitungan perolehan suara sementara berdasarkan lembaran C1 di setiap DPC PDIP se-Jabar , ada beberapa kab/kota mengalami kenaikan cukup signifikan di luar sembilan daerah yang selama ini memang jadi basis utama PDIP.

Diketahui, PDIP selama ini memiliki basis di sembilan kabupaten di wilayah Jawa Barat yang tiap pemilu selalu memperoleh suara terbanyak , yaitu Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Ciamis, Kuningan, Karawang dan Kabuaten Cirebon.

“Sekarang kita berhasil merebut sembilan kabupaten/kota lagi yaitu, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Depok, Kabupaten Garut, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kabupaten Sukabumi,” ungkap TB. Hasanudin didampingi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Herry Yulianto, Seketaris DPD Gatot Cahyono, Ketua DPC Kota Bandung Isa’ Subagja, Ketua DPC Kota Cimahi Denta, dalam Press Conference di Sekretariat DPD PDIP Jabar Jl Pelajar Pejuang, Bandung, Minggu, (13/04/2014).

Pada Pileg 2014 ini, perolehan suara PDIP di Kota Bandung naik 100 persen dari 7 kursi menjadi 14 kursi, sedangkan Kota Cimahi naik 120 persen dari 4 kursi menjadi 9 kursi, Kota Cirebon naik 100 persen dari jatah 6 kursi menjadi 12 kursi, kota Sukabumi naik 100 persen, Depok naik 120 persen dari sebelumnya 5 kursi menjadi 12 kursi, Garut naik 150 persen, Kabupaten Bekasi naik dari 7 menjadi 10 kursi, kemudian disusul Kota Bekasi dan Kabupaten Sukabumi.

Menurut Tb Hasanuddin, selama ini di 17 Kab/kota diluar 9 kab/kota basis se Jabar, PDIP belum pernah meraih suara terbanyak, seperti Kota Cimahi, Kab Garut, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Sukabumi. Namun dalam pileg 2014 partainya menang telak.

“Kemenangan telak ini tidak terlepas dari kerja keras kader, pengurus , caleg dan figur capres Jakowi serta dukungan pemberitaan dari media massa. Bahkan yang terpenting, dukungan dari masyarakat yang telah mempercayai kembali PDIP untuk menjadikan Indonesia Hebat,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR bidang Pertahanan, Intelejen, Luar Negeri & Komunikasi itu bernada gembira.

Terkait dengan banyaknya pemungutan suara ulang di 324 TPS yang berlangsung hari ini, Tb Hasanuddin tidak mau mengklaim bahwa PDIP bakal diuntungkan.

“Bila kalah PDIP dirugikan, bila menang Alhamdulillah,” ujarnya. “Tapi kami saya sudah punya trik-trik agar PDIP menang, sehingga mampu menambah perolehan suara dan kursi di dewan meskipun tanpa pemungutan suara ulang,” ujarnya.

Soal perolehan kursi untuk DPRD Jabar, Purnawirawan TNI juga memastikan bahwa PDIP akan menjadi fraksi terbesar. Pada Pileg 2009 lalu, anggota F PDIP berjumlah 17 orang sedangkan untuk Pileg 2014 sekarang berdasarkan hasil perhitungan sementara, diperkirakan akan memperoleh 22-25 kursi atau anggota.

“Soal siapa yang dicalonkan sebagai Ketua DPRD Jabar, secara diplomasi Tb Hasanuddin, mengatakan, sampai saat ini belum dibicarakan karena kita masih fokus pada hasil perhitungan perolehan suara,” pungkasnya.@husein