LENSAINDONESIA.COM: Pesawat Virgin Australia jenis Boeing 737-800 dibajak di Bandara Ngurah Rai, Bali, Jumat (25/04/2014) siang.

Pembajakan diduga dilakukan seorang penumpang yang tengah mabuk. Akibat insiden ini, sejumlah penerbangan ditunda sehingga penumpang menumpuk.

“Banyak penumpang menumpuk, saat ini bandara penuh. Banyak yang duduk di lantai. Kami sudah mendapat info pembajakan. Penumpang paham kalau itu orang mabuk dan sebagainya,” ujar Harya S Pratama, penumpang yang sedang menunggu penerbangan di Bandara.

Ia melaporkan, petugas bandara sebelumnya mengumumkan bahwa jadwal penerbangannya ditunda hingga pukul 16.40 WIB. Namun, saat berita ini dilaporkan, beberapa penerbangan telah dibuka kembali.

Ia mengatakan, pesawat yang diduga dibajak oleh penumpang yang mabuk tersebut diparkir di ujung landasan yang jauh dari gedung bandara, tetapi masih terlihat dari jarak jauh. Sejumlah mobil aparat keamanan terlihat di sekitar pesawat tersebut.

“Kita menengok ke landasan dari tempat duduk kami. Pesawat ada di posisi jauh di seberang runway, tetapi secara bertahap dipinggirkan,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pilot Virgin Australia melaporkan adanya upaya pembajakan, begitu pesawat mendarat di Bandara Ngurah Rai pada pukul 14.05 Wita. Seorang penumpang dilaporkan mencoba masuk ke kokpit dengan menggedor-gedor pintu.

Namun, setelah diamankan petugas berwenang, diketahui bahwa pelaku adalah seorang penumpang yang sedang mabuk. Saat ini, pelaku telah ditangkap dan diinterogasi petugas kepolisian. Maksud dari pelaku belum diketahui.@ridwan_LICOM