LENSAINDONESIA.COM: Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menjadi pemenang konvensi 11 calon presiden dari Partai Demokrat yang diumumkan Ketua Dewan Pembina, Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor DPP, Jakarta, Jumat (16/05/2014).

Dahlan Iskan menjadi peserta konvensi capres Partai Demokrat dengan tingkat elektabilitas tertinggi.

Dalam keterangan yang dikeluarkan hari Jumat malam, Dahlan menempati posisi tertinggi dari 11 peserta konvensi lain, menurut survei yang dilakukan tiga lembaga.

Namun, Anggota Komite Konvensi Capres Partai Demokrat Suaidi Marasabessy menyatakan, meski keluar sebagai juara, tidak otomatis Dahlan dicalonkan Partai Demokrat sebagai presiden pada Pilpres 2014.

“Apakah menjadi capres atau tidak kita lihat saja nanti,” kata Suaidi di Jakarta.

Berdasarkan jadwal, Komite Konvensi Capres Partai Demokrat akan menyerahkan hasil survei konvensi kepada para peserta pukul 13.30 WIB. “Keterangan pers Ketua Komite dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat SBY pada pukul 16.00 WIB,” tukas Suaidi.

Konvensi Partai Demokrat diikuti 11 peserta yang berasal dari dalam dan luar Partai Demokrat. Mereka adalah Menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, anggota BPK Ali Masykur Musa, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo.

Serta, mantan Duta Besar RI untuk AS Dino Patti Djalal, Rektor Paramadina Anies Baswedan, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua DPR Marzuki Alie, dan mantan Panglima TNI Endriartono.

Peserta konvensi dengan tingkat elektabilitas tertinggi ini dipastikan tidak akan maju di Pilpres bulan Juli karena perolehan suara Demokrat di pemilihan legislatif kurang dari 25%.

Hanya partai atau gabungan partai yang mendapatkan 25% suara di pemilihan legislatif atau yang mendapatkan 20% kursi DPR yang boleh mengajukan capres dan cawapres, sementara suara Demokrat 10,9%.

Ketua Komite Konvensi Partai Demokrat, Maftuh Basyuni, seusai penyerahan hasil survei kepada peserta konvensi, mengatakan, hasil survei yang dilakukan oleh tiga lembaga menyimpulkan peserta dengan poin tertinggi adalah Dahlan Iskan.

“Hasil survei dari tiga lembaga survei tersebut menyimpulkan, Pak Dahlan Iskan memperoleh tertinggi yakni 17,8 persen,” katanya.@ridwan_LICOM/bjl