LENSAINDONESIA.COM: Partai Demokrat akan mengumumkan hasil Konvensi Calon Presiden (Capres) 2014 di DPP Demokrat Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, pukul 16.00 WIB, Jumat sore (16/05/2014).

Sekretaris Komite Konvensi Partai Demokrat Suaidi Marasabessy mengatakan, hasil konvensi ini akan diumumkan secara langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

“Pak SBY langsung yang akan mengumumkan pemenang survei, Jumat sore di DPP Partai Demokrat,” kata Suaidi, Kamis (15/5). Demikian tulis Antara.

Suaidi mengatakan, sebelum diumumkan, hasil survei akan diserahkan lebih dahulu kepada para peserta konvensi pada Jumat siang sekitar 13.30 WIB di sekretariat konvensi capres Partai Demokrat.

“Nantinya diserahkan dulu hasilnya ke peserta, baru kemudian diumumkan langsung oleh SBY,” katanya.

Ia menambahkan, dirinya tidak mengetahui apakah dalam pengumuman hasil pemenang konvensi tersebut nantinya juga akan diumumkan sebagai capres, cawapres atau tidak.

“Bukan saya yang menentukan, nanti tunggu saja pengumumannya,” katanya.

Konvensi Partai Demokrat diikuti sebelas peserta yang berasal dari dalam dan luar Partai Demokrat. Mereka adalah Menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Anggota BPK Ali Masykur Musa, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo.

Mantan Duta Besar AS Dino Patti Djalal, Rektor Paramadina Anies Baswedan, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua DPR Marzuki Alie, mantan Panglima TNI Endriartono Sutarto.

Gita Wirjawan dan Dahlan Iskan disebut-sebut memiliki peluang lebih besar dari peserta lain. Selain faktor pengalaman di pemerintah, wawasan Gita soal ekonomi yang luas membuatnya pantas dipertimbangkan.@ridwan_LICOM/endang