LENSAINDONESIA.COM: Pengacara Gedijanto alias Gede diberhentikan secara tetap dari profesi advokat oleh Dewan Kehormatan Pusat (DKP) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). Hal itu tercantum dalam surat putusan DKP Peradi no 07/ DKP/ PERADI/ III/ 2013 (jo. No 30/ PERADI/ DK-JATIM/2012 tanggal 24 April 2014).

Ketua Majelis Kehormatan Daerah Peradi Jawa Timur Trimoelja D Soerjadi mengatakan putusan dari DKP PERADI tersebut menguatkan putusan Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PERADI Jatim no 30/ PERADI/ DK- JATIM/ 2012 tanggal 4 Januari 2013 lalu.

“Putusan dari DKP Pusat menguatkan putusan dari DKD Peradi Jatim yaitu Gede diberhentikan tetap dari profesi advokat dan menolak permohonan banding dari pembanding/teradu,” tegasnya dalam rilis yang diterima wartawan.

Sebelumnya, Gede diadukan dr Budi Kusumaningatik ke DKD PERADI JATIM dengan no 26/ PERADI/DK-JATIM/2012, selaku kuasa dari PT EMKL Pendawa, yang telah secara langsung menghubungi PT Cinderella Villa Indonesia selaku klien dari pengadu.

Dalam proses persidangan di DKD PERADI Jatim sendiri, Gede dinyatakan terbukti telah melakukan pelanggaran kode etik yaitu melanggar pasal 7 huruf KEAI jo. Pasal 6 huruf b UU No 18/ 2003 jo. Pasal 5 huruf a KEAI karena telah menulis surat langsung kepada klien pengadu dan tidak menghormati rekan sejawatnya.

“DKD Peradi Jatim telah menjatuhkan sanksi penghentian sementara kepada Gede selama 6 bulan dan menghukum biaya perkara sebesar Rp 3.500.000 pada perkara pertama ini,” sambung Trimoelja.

Selain dalam perkara tersebut, Gede juga diadukan oleh Hari Moerti dengan surat pengaduan 27 Agustus 2012 lalu no. 30/PERADI/DK-JATIM/2012 karena melakukan pelanggaran kode etik berupa mempengaruhi saksi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum dalam perkara pidana dengan mendatangi rumah saksi untuk mengajari dan mempengaruhi saksi.

“Kami juga telah memutus perkara kedua ini berupa pemecatan profesi Advokat dari kasus kedua ini kepada Gede karena terbukti melanggar KEAI pasal 7 huruf E,” paparnya.

Perkara yang mengakibatkan pemecatan ini karena dari persidangan terbukti laporan pengadu adanya putusan Badan Peradilan yang telah berkekuatan hukum tetap yang menyatakan Gede dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman percobaan pidana penjara.@ian