LENSAINDONESIA.COM: Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir), telah menetapkan sebanyak 1260 dari 1923 calon Secaba dalam sidang penerimaan Brigadir Polisi tahun 2014, di gedung serba guna gramedia Expo Surabaya, Jumat (30/5/2014).

Sidang penerimaan sekolah calon bintara (Secaba) tahun ini, dipimpin langsung Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono, dengan menerima sebanyak 822 Polisi Wanita (Polwan) dan 438 Polisi Lelaki (Polki). Banyaknya penerimaan calon Polwan pada tahun ini merupakan kebijakan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Tahun ini Polda Jatim lebih memprioritaskan calon bintara dari Madura dimana calon Polwan yang tersisa sebanyak 55 orang dinyatakan lulus keseluruhan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, Polda Jatim merupakan peringkat kedua kuota penerimaan calon bintara dibawah Polda Metro Jaya. Namun untuk peminat pendaftaran merupakan ranking pertama secara Nasional dengan jumlah 27 ribu lebih pendaftar.

“Animo pendaftaran calon bintara di Polda Jatim akhirnya mendapat reward dari Mabes Polri dimana kuota penerimaan calon Polwan 722 mendapat tambahan 100 calon. Demikian juga dengan penerimaan calon Polki yang mendapat kuota 378 ditambah 60 calon sehingga total keseluruhan menjadi 1260 calon bintara dimana sebelumnya hanya mendapat kuota 1100 calon,” terang Kombes Pol Awi Setiyono.

“Calon Secaba Polri ini pada 3 Juni 2014 akan menempuh pendidikan selama tujuh bulan. Untuk Polwan akan ditempatkan di SPN Bangsal Mojokerto dan SPN Gasem Porong Sidoarjo. Sedang Polki menempuh pendidikan di SPN NTB dan NTT,” lanjutnya

Pada kesempatan lain terlihat suasana haru dimana 663 calon yang tidak lulus, terlihat sangat bersedih dan banyak diantaranya yang menangis karena gagal di tahap akhir.@rofik