LENSAINDONESIA.COM: Wakil Sekjen (Wasekjen) Partai PPP Syaifullah Tamliha menerangkan sejumlah kriteria sebagai Menag telah dipenuhi oleh Wakil Ketua Umum PPP Lukman Hakim Saefuddin. Tugas berat sebagai Menag pun menanti dan Lukman dituntut langsung melanjutkan pekerjaan yang ditinggalkan Suryadharma Ali.

“Dia mesti meneruskan kerjaan SDA menghadapi tantangan perbedaan aliran di dalam agama, yakni menciptakan kerukunan umat agama. Dia pas karena dia Wakil Ketua MPR yang sering sosialisasi empat pilar,” kata Syaifullah Tamliha di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (05/06/14)

Anggota Komisi I DPR itu menilai, ada 4 agenda utama yang harus menjadi perhatian Lukman, yakni melanjutkan penyelenggaraan haji, menetapkan awal bulan Ramadhan, menetapkan Hari Raya, dan persiapan 17 Agustus di mana Menag yang menjadi pembaca doa.

Rencananya, Lukman akan dilantik SBY pada Jumat besok, 6 Juni, usai sholat Jumat. “Informasi yang saya tahu seperti itu. Lengkapnya tanya Pak Sudi (Mensesneg). Besok usai Jumatan,” tandas Syaifullah.

Lukman ditunjuk karena telah memenuhi sejumlah kriteria.

“PPP memiliki kader bagus untuk jadi Menag, yaitu Lukman Hakim. Dia anak mantan Menag ketika Bung Karno jadi Presiden RI,” ujarnya.

Seperti diketahui, jabatan Menteri Agama dilepas Suryadharma Ali setelah ditetapkan jadi tersangka oleh KPK. Selanjutnya, Menkokesra Agung Laksono merangkap jabatan untuk menutupi kekosongan tersebut. @endang