Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    

Relawan Sehati nilai Prabowo "menyelamatkan" Jokowi 

LENSAINDONESIA.COM: Koordinator Nasional Relawan Sehati pemenangan Prabowo-Hatta, Edi Darma Pohan mengaku gembira dan simpatik melihat debat presiden dengan nonton bareng di luar gedung penyelenggaraan debat pada Minggu malam (15/6).

Dalam debat kedua yang bertema “Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial” ini, Edi menilai kedua capres memperlihatkan perbedaan gaya dan karakter, termasuk cara melihat masalah dan pendekatan menyeleasaikan masalah perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

“Di awal debat terjadi sedikit kekakuan karena moderator yang terlalu kalem, mungkin lebih tepat hati-hati, agar tidak terlihat berpihak seperti di debat pertama. Kekakuan ini agak mengimbas pada capres nomer 2, sedikit grogi, sehingga harus berkali-kali mengeluarkan kartu-nya, dan mengulang-ulang pengalamannya pada tingkat walikota dan gubernur,” ujar Edi Pohan kepada Licom, di Jakarta, Senin (16/6/2014).

Meski demikian, menurut Edi, Kedua capres sukses menyampaikan visi-misinya soal ekonomi dan kesejahteraan. “Jokowi memulai dengan pertemuan dengan rakyat dan contoh-contoh yang pernah di lakukannya, cenderung melalui pendekatan induktif. penekanannya lebih kepada soal membangun sistem dengan revolusi mental dll,” terangnya.

Sedangkan, lanjut Edi, Prabowo memulai dengan pendekatan deduktif soal tujuan bernegara untuk memakmurkan rakyat dan menjelaskan bagaimana mewujudkannya penekanan soal kebocoran anggaran, manajemen pengelolaan sumber daya alam dan menjelaskan rencana yang akan di laksanakan untuk mewujudkan kemakmuran rakyat.

“Prabowo memulai perdebatan dengan sangat percaya diri dan lebih sistematis dan detil kadang di sertai kutipan data detil dengan angka-angkanya,” jelasnya.

Prabowo, kata Edi, pada sesi tanya jawab, melihat mampu membuat Jokowi tersenyum ketika Prabowo menjawab setuju dengan pendapatnya mengenai ekonomi kreatif. Meski Kornas relawan ini melihat Jokowi agak gugup.

“Dalam sesi tanya jawab dan tanggapan Jokowi yang tadinya grogi, telihat lebih rileks, terutama setelah ‘diselamatkan’ oleh prabowo, dengan menyetujui konsep ekonomi kreatifnya,” jelasnya.

Dijelaskanya dalam sesi ini, Prabowo menjawab dengan singkat pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh Jokowi. dan prabowo melakukan tindakan simpatik mendatangi Jokowi di hal ekonomi kreatif tadi.

“Pada sisi ini Prabowo telah menunjukkan sikap patriotiknya. Agak beda dengan Jokowi yang masih tetap memaksakan mengacung kan dua jari di closing stetmen,” pungkasnya.

Kendati dalam debat ini dinilai angin lebih condong pada Prabowo, Edi menegaskan, bahwa yang tetap menjadi utama adalah melakukan kerja-kerja penggalangan langsung kepada masyarakat. @yuanto