LENSAINDONESIA.COM: Generasi emas Timnas Belgia jauh lebih difavoritkan sebagai pemenang ketika bentrok melawan Aljazair, dalam penyisihan Grup H Piala Dunia 2014, Selasa (17/6/2014) pukul 23.00 WIB. Hal itu tak luput dari catatan impresif Eden Hazard selama babak kualifikasi.

Timnas Belgia tampil sangat impresif dengan meraih 8 kemenangan di 10 laga kualifikasi sehingga secara otomatis kembali berlaga di putaran final Piala Dunia setelah terakhir kali tampil di tahun 2002.

Sementara bagi Timnas Aljazair, peluang untuk lolos dari grup H Piala Dunia 2014 terasa sangat berat karena dalam dua edisi terakhir, Aljazair tak pernah lolos dari babak penyisihan grup.

Pelatih Timnas Belgia Marc Wilmots yang memainkan skema 4-2-3-1 bakal menempatkan Eden Hazard dibantu Kevin de Bruyne dan Dries Mertens sebagai penyerang lubang. Posisi striker utama jadi milik Romelu Lukaku yang rajin mencetak gol.

Di lini belakang, kuartet Daniel van Buyten dan Vincent Kompany, Vertonghen dan Alderweireld adalah jaminan mutu menghalau setiap serangan Timnas Aljazair.

Sementara Timnas Aljazair yang bisa menurunkan semua pemain terbaiknya mengandalkan gelandang serang Valencia, Sofiane Feghouli, untuk membongkar pertahanan Timnas Belgia. Sedangkan gelandang Tottenham Hotspur, Nabil Bentaleb bakal menjadi motor serangan di lini tengah.

Melihat perbedaan menjulang antara Timnas Belgia dan Timnas Aljazair dalam laga perdana grup H Piala Dunia 2014 ini, semua rumah bursa taruhan tak ragu menjagokan Belgia dengan memberi voor 1 1/2 pada Aljazair.  Itu artinya skor telak diprediksi bakal terjadi dalam laga ini. Penyebabnya, selain unggul kualitas pemain, Belgia juga lebih rapi dalam koordinasi permainan.

Namun sepakbola bukanlah matematika yang mudah ditebak hasil akhirnya. Timnas Aljazair yang mengandalkan kekompakan dan semangat bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan karena para pemainnya tentu ingin tampil sebagus mungkin agar dilirik klub-klub Eropa pada bursa transfer nanti. @LI-14

Belgia (4-2-3-1): Courtois; Vertonghen, Buyten, Kompany, Alderweireld; Fellaini, Witsel; Hazard, Bruyne, Mertens; Lukaku.

Aljazair (4-3-2-1): Zemmamouche; Ghoulam, Bougherra, Cadamuro, Mandi; Taider, Bentaleb, Lacen; Feghouli, Soudani; Slimani.