LENSAINDONESIA.COM: Mahasiswa di Jogyakarta seperti halnya terjadi di kota-kota lain, ada yang mendukung pasangan Capres Prabowo-Hatta, juga ada yang memihak kubu pasangan Jokowi-JK.

Kali ini, kalangan mahasiswa mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Jogyakarta mendeklarasikan akan berjuang untuk memenangkan pasangan Capres Prabowo-Hatta.

Koordinator Aliansi Mahasiswa Jogyakarta Nurul Mubin menegaskan, mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki peran penting dalam setiap sejarah kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu, momentum Pemilihan Presiden 2014, mahasiswa harusnya juga punya peran strategis turut menentukan siapa calon presiden terbaik yang berhak memimpin negara ini.

“Dengan hanya disuguhi dua pilihan calon Presiden, tidak ada kata lain bagi mahasiswa untuk mulai menentukan pilihan siapa Presiden mendatang yang akan memimpin Indonesia,” kata Nurul Mubin dalam pesan tertulisnya, Jakarta, Rabu (25/06/2014).

Alasan itu, Aliansi Mahasiswa Jogyakarta mewakili beberapa kampus di Yogjakarta sebagai kota pendidikan, menentukan sikap untuk memilih pasangan Prabowo-Hatta sebagai presiden pada 2014-2019.

“Pilihan AMY terhadap Prabowo-Hatta, bukan tanpa pertimbangan yang matang. Menurut kami, Prabowo-Hatta adalah sosok pasangan yang bisa saling melengkapi antara satu dengan yang lain. Ketegasan dan visi besar yang dimiliki Prabowo sebagai mantan Danjen Kopassus sangat dibutuhkan untuk mengangkat martabat bangsa Indonesia dimata asing. Sedangkan pengalaman Hatta dalam hal ekonomi bisa menjadi eksekutor yang baik dalam mewujudkan tatanan ekonomi Indonesia yang berdikari,” tandasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, salah satu bentuk dukungan AMJ terhadap pasangan Prabowo-Hatta adalah menggelar deklarasi yang diselenggarakan di Yogyakarta pada Rabu siang, 25 Juni 2014. Deklarasi ini bertujuan untuk menegaskan keberpihakan AMY terhadap pasangan Prabowo-Hatta.

Dalam deklarasi itu, juga dibacakan Manifesto Mahasiswa Yogyakarta untuk Prabowo-Hatta. Ada pun beberapa butir manifesto mahasiswa Yogyakarta adalah sebagai berikut.

1. Kami mahasiswa Yogyakarta menyatakan sikap mendukung pasangan Prabowo-Hatta untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada periode 2014-2019

2. Dibawah kepemimpinan Prabowo-Hatta, Kami mahasiswa Yogyakarta menginginkan kembalinya martabat bangsa Indonesia dimata negara lain

3. Kami mahasiswa Yogyakarta, percaya di bawah kepemimpinan Prabowo-Hatta, Indonesia mampu menjaga kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) dari bangsa asing.

Selain menggelar deklarasi dukungan, AMY juga akan bergerak melakukan beberapa langkah strategis untuk memenangkan pasangan nomor urut 1 tersebut. Beberapa langkah strategis yang akan dilakukan oleh AMJ adalah sebagai berikut.

1. Mengkonsolidir beberapa mahasiswa daerah yang ada di Yogyakarta

2. Membangun jaringan mahasiswa untuk menggerakkan pemilih pemula di seluruh Indonesia

3. Mengakomodir beberapa aspirasi mahasiswa, sebagai kaum intelektual untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bermartabat. @endang