LENSAINDONESIA.COM: Timnas Belanda sukses menyudahi perlawanan Meksiko secara dramatis 2-1 berkat hadiah penalti yang mereka dapat di injury time.

Pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2014 Brazil di Estadio Castelao, Fortaleza, Minggu (29/6/2014), Meksiko lebih dulu mendapatkan peluang pada menit kedua. Miguel Layun menjajal peruntungannya lewat tembakan jarak jauh, tapi bola masih melambung di atas mistar.

Layun melakukan hal serupa tiga menit kemudian. Namun, tembakannya kali ini melebar ke samping gawang.

Meksiko yang terus menekan nyaris unggul pada menit ke-17. Hector Herrera yang mendapatkan operan dari Oribe Peralta di kotak penalti Belanda sekali mengontrol bola sebelum melepaskan tendangan mendatar. Tapi, bola tendangan Herrera melenceng tipis.

Meksiko mengancam gawang Belanda lagi pada menit ke-24. Sepakan jarak jauh Carlos Salcido memaksa kiper Jasper Cillessen membuat penyelamatan. Cillessen juga mampu mengantisipasi usaha dari Dos Santos beberapa menit kemudian.

Serbuan Meksiko kembali menghasilkan peluang ketika laga memasuki menit ke-42. Kerja sama Peralta dan Andres Guardado dituntaskan oleh Dos Santos, tapi Cillessen masih bisa membendung tembakan Dos Santos.

Kerja keras Meksiko baru membuahkan gol ketika babak kedua berjalan tiga menit. Dos Santos melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau Cillessen dan bola menembus pojok bawah gawang Belanda.

Pada menit ke-56, Meksiko berpeluang menggandakan keunggulannya melalui tendangan jarak jauh Peralta. Namun, kali ini Cillessen berhasil menangkap si kulit bundar.

Kiper Meksiko, Guillermo Ochoa, membuat penyelamatan penting semenit kemudian. Dia mementahkan sontekan jarak dekat Stefan de Vrij. Bola kemudian mengenai tiang dan dibuang pemain Meksiko.

Belanda yang tertinggal mau tak mau meningkatkan intensitas serangannya. Mereka punya peluang bagus pada menit ke-74 ketika Robben melakukan penetrasi ke kotak penalti Meksiko. Robben bisa melewati Rafael Marquez, tapi penyelesaiannya digagalkan Ochoa.

Belanda akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-87. Diawali situasi tendangan sudut, Sneijder menyambar umpan sundulan Huntelaar dengan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Ochoa cuma bisa terpaku melihat gawangnya bergetar. Belanda 1, Meksiko 1.

Drama berlanjut saat laga sudah memasuki menit kedua injury time. Wasit menunjuk titik putih setelah melihat Marquez menjatuhkan Robben di kotak penalti.

Penalti ini dikonversi menjadi gol oleh Klaas-Jan Huntelaar. Tembakannya ke arah kiri mengelabui Ochoa sekaligus memastikan kemenangan Belanda.

Kemenangan ini meloloskan Belanda ke babak perempatfinal. Mereka selanjutnya akan melawan pemenang duel Kosta Rika versus Yunani.

Susunan Pemain
Belanda: Cillessen; Blind, Vlaar, De Vrij, Verghaegh (Depay 56′); Wijnaldum, De Jong (Martins Indi 9′), Kuyt; Sneijder; Van Persie (Huntelaar 76′), Robben

Meksiko: Ochoa; Rodriguez, Marquez, Moreno (Reyes 46′); Aguilar, Herrera, Salcido, Guardado, Layun; Dos Santos (Aquino 61′), Peralta (Hernandez 75′).@ridwan_LICOM/det