LENSAINDONESIA.COM: Kawanan copet spesialis mencari korban di mall, masing-masing Anastasia (38) warga Jl Pacar Kembang III, Lilis (33) warga Jl Gembong V, Natasya (32) asal Bangsri, Jepara, dan Yaris (36) warga Pamulang Permai II C-29, Tangerang, ditangkap Reskrim Polsek Mulyorejo, di Galaxy Mall lantai G Jl Dharmahusada Indah Timur 35-37.

Kapolsek Mulyorejo Kompol Kuncoro menjelaskan, penangkapan para copet berdasarkan rekaman CCTV yang menunjukkan aksi saat pencopetan para pelaku. “CCTV di Galaxy Mall berhasil merekam aksi pencopetan yang dilakukan empat pencopet ini sehingga mempermuda kami menangkapnya,” ujar Kuncoro.

Dalam rekaman CCTV itu nampak aksi para pencopet ini yang mengepung korban, Tutik Windarti (33) warga Jl Dharmahusada Regency 274 Surabaya. Korban yang berada di counter Zara lantai G Galaxy Mall, saat itu menenteng tas pinggang berisi uang dan Hp.

Melihat sasaran empuk, empat pencopet ini lantas mendekati korban setelah membagi tugas. Lilis dan Natasya berperan mengalihkan perhatian korban, sedangkan Yaris berusaha agar korban selalu memperhatikannya, sementara Anastasia bertugas sebagai eksekutor mengambil Hp di dalam tas korban.

Korban yang tak sadar dikelilingi empat pencopet tak merasa jika Anastasia berhasil membuka resleting tas dan berhasil mencuri Hp Samsung miliknya. Usai beraksi, para pencopet ini berangsur-angsur pergi meninggalkan korban satu persatu.

Petugas Polsek Mulyorejo yang mendapat laporan dari petugas keamanan Galaxy Mall yang curiga dengan gerak-gerik para pencopet ini langsung membuntuti pelaku saat keluar dari plasa tersebut.  Setelah membuntuti, akhirnya diketahui barang hasil pencopetan itu dijual ke seorang penadah.

Dalam pemeriksaan petugas penyidik Polsek Mulyorejo, kawanan copet ini ternyata memang kerap beraksi di sejumlah mall di Surabaya. @rofik