LENSAINDONESIA.COM: Guna meningkatkan brand image, Advan salah satu produsen smartphone lokal terbesar di Indonesia menggaet salah satu klub sepakbola terbesar di dunia asal Spanyol, FC Barcelona, untuk menjadi salah satu bagian dari pemasarannya.

Direktur Marketing Advan, Tjandra Lianto mengatakan, dijalinnya kerjasama Advan dengan FC Barcelona setidaknya akan meningkatkan image Advan di pasaran teknologi smartphone di Indonesia.

“Dengan terjalinnya kesepakatan ini, kami yakin brand Advan bakal semakin dikenal dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia,” ujar Tjandra usai penandatanganan kerjasama dengan pihak FC Barcelona di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (20/08/2014) sore.

Dalam kerjasama itu, Advan nantinya akan bisa menggunakan logo atau nama Barcelona di produk-produk mereka, termasuk merchandise. Karena dalam waktu dekat ini produk-produk seri khusus yang dikaitkan dengan klub asal Spanyol itu akan segera diluncurkan.

Tjadra menambahkan, saat ini perusahaan tidak memikirkan peningkatan pendapatan. Kontrak dengan FCBarcelona tersebut semata-mata untuk lebih membangun merek.

Menurutnya, inti dari kesatuan ini adalah kesamaan karakteristik Advan dan Barca, yakni kekuatan, ketangguhan, kecepatan, keterampilan, dan daya tahan. “Tim mereka sangat solid, hal tersebut yang membuat skuad Barca mampu memenangkan berbagai kompetisi internasional,” paparnya.

“Mungkin lima atau sepuluh tahun kemudian baru akan dirasakan dampaknya. Jadi ini bukan semata-mata masalah biaya tapi lebih ke investasi. Saat ini pasar lokal masih tinggi, terutama pasar smartphone,” ungkapTjandra.

Selain meningkatkan brand Advan, dari sisi olahraga pun Tjandra berharap bisa mengundang para pemain FC Barcelona ke Indonesia agar penggemar mereka di tanah air bisa bertemu langsung dengan paraidolanya.

“Saya sangat berharap kedepannya bisa mengundang para pemain FC Barcelona untuk datang ke Indonesia, agar penggemar mereka yang ada di sini bisa bertemu langsung dan melihat aksi-aksinya,” terang Tjandra.

Sementara itu, Xavier Asensi I Brufau selaku FCB Managing Director di Asia Pasifik mengatakan, “Kedekatan kami cukup intim, penggemar Barca di Indonesia adalah penggemar terbesar kami. Perusahaan seperti Advan membantu kami untuk lebih dekat dengan fans kami dan pengikut di negara ini.”

“Kami mengagumi semangat perusahaan seperti Advan yang mampu tumbuh dengan cepat dan memposisikan diri sebagai merek terkemuka dalam negeri sendiri,” lanjut Xavier Asensi I Brufau.@noviar