LENSAINDONESIA.COM: Akhir pekan ini, Pemkot Surabaya menggelar kegiatan bertema `Gerakan Koperasi Kota Surabaya menyongsong MEA tahun 2015” yang dipusatkan di Sentra Ikan Bulak (SIB), Minggu (7/9/2014). Rangkaian kegiatan ini diawali dengan fun bike dengan start dari Taman Surya menuju SIB.

Selain untuk mendorong kemandirian anggota koperasi, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengoptimalkan keberadaan Sentra Ikan Bulak di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak.

Untuk menarik animo warga, Dinas Pertanian Pemkot Surabaya juga menggelar gebyar kuliner khas UKM yang menjajakan beragam olahan hasil laut dan lomba memasak ibu-ibu PKK. “Masyarakat bisa menikmati beragam olahan hasil laut. Ini juga sebagai upaya untuk meramaikan Sentra Ikan Bulak sehingga masyarakat tertarik untuk datang ke sana,” ujar Djoestamadji, Kepala Dinas Pertanian Pemkot Surabaya.

Djoestamadji mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya inovasi untuk meramaikan Sentra Ikan Bulak. Menurutnya, bangunan dua lantai yang diresmikan walikota pada akhir Desember 2012 ini sebenarnya memiliki potensi besar untuk dijadikan destinasi baru wisata kuliner di Surabaya.

Dia meyakini, dengan rajin promosi, Sentra Ikan Bulak lama-lama akan bisa menjadi primadona bagi warga Surabaya dan sekitarnya. Salah satunya melalui kegiatan seperti ini. “Kalau sering dipromosikan, saya yakin warga juga akan tertarik ke sana.

Masyarakat bisa menikmati kuliner khas olahan hasil laut. Termasuk juga ikan hasil pengasapan. Apalagi, lokasinya berada di tepi pantai sehingga memiliki view Pantai Kenjeran yang luar biasa,” ujar Djoestamadji.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Pemkot Surabaya ini menyebut tengah melakukan pembicaraan dengan pihak Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Surabaya untuk ikut menyemarakkan Sentra Ikan Bulak. “Ada rencana untuk memanfaatkan shuttle bus ke jalur SIB,” ujarnya.@iwan_christiono