LENSAINDONESIA.COM: PT Indonesia Asahan Aluminium (PT Inalum) Persero kembali melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan dengan menyerahkan bantuan beasiswa.

Pemberian beasiswa yang diberikan bervariatif, yakni sebesar Rp 4,5 miliar kepada 5.300 siswa yang terdiri dari 3.000 siswa SD, 1.500 siswa SLTP dan 500 siswa SLTA yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota sekitar wilayah perusahaan, 250 mahasiswa S1 dan D3, dan 50 bantuan beasiswa kepada mahasiswa S2 dan S3 yang sedang menyelesaikan studinya di Universitas Negeri yang ada di Medan.

Sampai saat ini, perusahaan yang secara resmi menjadi BUMN pada 19 Desember 2013 ini telah memberikan beasiswa kepada 2.725 siswa terdiri dari 1.700 siswa SD, 750 siswa SLTP, dan 275 siswa SLTA.
Masing-masing mendapatkan bantuan beasiswa sebesar Rp 500 ribu untuk siswa SD, Rp 1 juta untuk siswa SLTP, dan Rp 1,5 juta untuk siswa SLTA.

Penyerahan bantuan beasiswa di Tanjung Balai kali ini secara langsung diberikan oleh Direktur Utama PT Inalum (Persero) Winardi yang juga dihadiri oleh Walikota Tanjung Balai dan Direktur Umum & SDM Inalum.

Sedangkan, penyerahan bantuan beasiswa selanjutnya akan disampaikan secara langsung oleh Seksi Pemberdayaan Masyarakat Inalum yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota.

Dalam kesempatan pemberian bantuan beasiswa tersebut, Direktur Utama PT Inalum (Persero) Winardi mengatakan, dengan berubahnya status PT Inalum (Persero) menjadi BUMN adalah sesuai dengan misi perusahaan untuk mencapai visi Inalum 2025 yaitu menjadi perusahaan global terkemuka berbasis aluminium terintegrasi ramah lingkungan.

“Inalum akan terus meningkatkan peran sertanya dalam pemberdayaan masyarakat sekitar dengan meningkatkan program CSR dan PKBL yang salah satu perwujudannya adalah pemberian bantuan beasiswa seperti yang baru saja dilakukan ini,” ujar Winardi melalui pesan yang diterima wartawan, Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Biaya CSR yang telah disalurkan perseroan kepada masyarakat pada tahun 2014 (s/d bulan Agustus) ini, menurut Winardi, sudah mencapai sekitar Rp 10,2 milyar. Sedangkan, untuk tahun 2015 ke depan, diharapkan anggaran CSR dan PKBL perusahaan akan lebih besar seiring dengan meningkatnya kinerja yang ditunjukkan dengan meningkatnya capaian keuntungan perseroan.

Diungkapkan juga, bahwa Inalum meraih penghargaan dalam bidang pemberdayaan masyarakat sebagai bukti kepedulian perusahaan dalam bidang pemberdayaan masyarakat.

“Inalum berhasil meraih penghargaan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) dari Kemenko Kesejahteraan Rakyat yang diserahkan pada tanggal 20 Agustus 2014 lalu di Hotel Kartika Chandra, Jakarta,” terangnya.

Selain itu, GKPM Award dipandangnya sebagai penghargaan bergengsi di ranah pemberdayaan masyarakat dari Pemerintah dan CFCD (Corporate Forum for Community Development) kepada Perusahaan yang berprestasi dalam melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan.@yuanto

Penyerahan Bantuan Bea Siswa 2

Penyerahan bantuan beasiswa oleh PT Inalum