LENSAINDONESIA.COM: Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung upaya di bidang pendidikan, Bank Internasional Indonesia (BII) memberikan sumbangan kepada siswa-siswi sekolah negeri di Gianyar, Bali, Minggu (13/09/2014).

Kegiatan ini dilakukan sehari sebelum acara utama yakni BII-Maybank Bali Marathon yang akan berlangsung esok hari, Minggu 14 September.

CSR pendidikan tersebut merupakan bagian dari updaya untuk menyampaikan penghargaan kepada warga di kabupaten Gianyar, dimana para pelari dari BII-Maybank Marathon akan mengambil rute.

Program CSR tahun ini melanjutkan semangat berbagi dari BII yang bertemakan ‘BII Berbagi’, dimana kegiatan pertama berlangsung pada tahun 2012, dengan sumbangan peralatan olah raga dan buku-buku kepada 17 sekolah di daerah Gianyar.

Program CSR tahun lalu memberikan tabungan bagi 486 siswa terbaik yang berasal dari 27 sekolah di desa, yang berada di sekitar jalur maraton.

Upacara serah terima diadakan pagi ini di aula Balai Budaya di Gianyar, dimana komite eksekutif dan Direksi BII disambut oleh siswa-siswi dari SD 1 dan SD 3 Abianbase dengan gembira.

Siswa-siswi ini bersemangat dan tampil dengan pakaian adat Bali yang berwarna-warni. Beberapa siswa perempuan dengan pakaian yang meriah dan membawa nampan berisi bunga menarikan tarian penyambutan khas dari Bali, Panyembrama, untuk menghibur tamu-tamu mereka yang terhormat.

Tamu yang hadir diantaranya Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata, SH Bersama dengan perwakilan dari Departemen Pemuda dan Olahraga, Dandim Gianyar, dan Polres Gianyar.

Sebelum kata penyambutan dari Bupati Gianyar, Bharata dan Presiden Direktur BII Taswin Zakaria, perwakilan dari Kantor Cabang BII mengisahkan dongeng bagi para siswa tentang ‘Semut yang suka berhemat’.

Dongeng ini mengisahkan tentang koloni semut yang menghemat makanan untuk musim kering, dibandingkan dengan seekor jangkrik pemalas yang tidak mau bekerja untuk menyimpan makanan.

Kisah ini diharapkan akan menginspirasi anak-anak atas pentingnya menabung.

Kata sambutan dari Bupati Gianyar ini kemudian disambung dengan beberapa catatan dari Taswin Zakaria, Presiden Direcktur BII dan Tan Sri Megat Zaharuddin, Presiden Komisaris BII & Chairman dari Maybank Group.

Mereka mengungkapkan harapan mereka bahwa program CSR BII dapatterhadap event berskala internasional ini selama beberapa tahun terakhir.

Diawali dengan kegiatan pemutaran film sejarah maraton, program CSR dan liputan dari sekolah dan guru, diikuti dengan penyerahan sumbangan secara simbolis oleh Taswin Zakaria dan Tan Sri Dato’ Megat Zaharuddin. Nyoman Dharma dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gianyar ikut bergabung diatas panggung untuk memberikan beberapa paket tabungan BII SuperKidz kepada siswa-siswi.

Sebelumnya di bulan Agustus, BII membagikan peralatan seni kepada semua sekolah dan mengundang siswa dari sekolah tersebut untuk mengirimkan lukisannya yang terbaik, dimana lukisan tersebut dilombakan. Selanjutnya, 130 dari lukisan yang terbaik dipamerkan melalui laman BII, jejaring sosial, Race Expo di Sofitel Bali Nusa Dua Beach dan di sekitar rute marathon Bali Marathon – 30 diantara lukisan tersebut akan dilelang.

Program sumbangan tahun ini secara ringkas, mencakup tabungan bagi 75 siswa dari 24 sekolah dasar di Gianyar bagi mereka yang memiliki karya lukisan terbaik, perlatan olah raga dan seni untuk mendukung kegiatan non akademis dan pengembangan kemampuan siswa bagi 27 sekolah di sepanjang rute marathon Bali Marathon. Sumbangan ini berdampak baik juga untuk semua siswa lain di sekolah tersebut yang berperan serta dan mendukung Bali Marathon, untuk menumbuhkan kesadaran mereka untuk menabung sejak usia dini.

Lukisan akan dijual di Race Central di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort pada saat para pelari mengambil Race Kit hari ini. Beberapa lukisan pilihan juga akan dilelang pada makan malam Carbo Loading di Sofitel Bali, dengan semua hasil lelang disumbangkan untuk sektor pendidikan.

Masih dalam semangat mendukung dan mempertunjukkan bakat dan kemampuan para siswa, kegiatan CSR hari ini ditutup dengan tari Bali tradisional, Satya Brasta, yang dibawakan oleh siswa dari SD 3 Abianbase, dengan memakai baju adat yang berwarna-warni, mempertontonkan gerakan yang indah dan menawan di depan semua pemirsa. Siswa sekolah tersebut dari SD kelas 4 dan 6 bersama dengan para kepala eksekutif BII dan rombongan kemudian diundang ke panggung untuk sesi pemotretan bersama.

Tahun ini BII-Maybank Bali Marathon mengusung tema “Push Your Limit”, yang mencerminkan jiwa yang bersemangat dari seorang pelari marathon, dimana keinginan untuk mencapai garis finish sangat tinggi.

BII-Maybank Bali Marathon 2014 tidak akan berhasil tanpa dukungan dari berbaagi pihak, terutama dari warga setempat dan siswa-siswa yang sekolahnya berada di jalur marathon. Segenap warga Gianyar sudah siap untuk mendukung Bali Maraton besok yang akan dimulai dari Bali Safari & Marine Park!.@rudi