Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JATIM RAYA

Bumi terbelah, warga di Ponorogo ketakutan 

LENSAINDONESIA.COM: Sedikitnya ada 30 rumah warga di Dukuh Kleco RT 06 RW 02, Desa/Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur terancam terkubur ke dalam tanah. Ini lantaran tanah di desa tersebut retak selebar 1 meter dengan kedalaman 10 meter.

Kondisi ini membuat ratusan warga yang tinggal di kawasan pegunungan itu merasa ketakutan. Mereka khawatir tanah yang terbelah itu akan semakin melebar dan merobohkan rumah.

Menurut keterangan warga, retakan tanah tersebut sepanjang 250 meter itu dari hari ke hari makin memanjang dan lebar.

Selain itu akses jalan dari Desa Temon ke Desa Sawoo juga sudah putus sejak sepekan lalu.

“Kalau sampai yang di atas runtuh, 1 RT kena semua. Ini kalo buminya masih bengkah (retak) lagi yang di bawah kena. Kami menunggu pemerintah apakah warga diungsikan atau tidak, setidaknya sebelum musim hujan sudah teratasi,” kata Kepala Desa Sawoo, Santoso, Jumat(19/09/2014).

Santoso mengungkapkan, pekan lalu, lebar retakan mencapai 50 sentimeter, namun kini kian melebar hingga 1 meter. “Sebelumnya panjang retakan 150 meter, tetapi sekarang panjangnya sudah menjadi 250 meter,” terangnya.

Dikhawatirkan bila masalah ini tidak segera diatasi keselamatan penduduk terancam. “Ini bahaya, sebaiknya sebelum hujan sebaiknya sudah ada solusi gimana sebaiknya,” imbuh Santoso.@arso

 

Baca Juga:  Tantangan besar yang perlu dijawab Nadiem Makarim di dunia pendidikan