Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Menjelang puncak HUT TNI ke 69 pada Selasa depan (7/10/14), TNI Angkatan Udara mempersiapkan secara maksimal untuk menampilkan pesawat-pesawat Alutsista tercanggih, termasuk pesawat tanpa awak.

“Pesawat Tanpa awak, nantinya akan terbang di ketinggian 12 ribu (kaki) dan akan mengirim gambar. Selain itu, pesawat ini mempunyai kemampuan dapat memantau pergerakan pesawat secara otomatis dengan sistim clock kamera,” jelas Kepala Staf Angkata Udara (KASAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia Hankam saat jumpa Pers di Gedung Candrasa Mako Armatim, Surabaya, Sabtu (4/9/14).

KASAU menjelaskan TNI AU ‘all out’ dalam gelar kekuatan dan pameran terbesar dalam sejarah sepanjang
berdirinya TNI ini. Gelaran Alutsista TNI AU nanti bertujuan sebagai pertanggungjawaban TNI AU dalam kurun
waktu 10 tahun sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat dan dunia.

Pria asall Bali ini juga menyatakan, dalam HUT TNI yang mengusung tema “Patriot Sejati Profesional Dicintai
Rakyat”, TNI AU akan tetap profesional sebagai prajurit terdepan menjaga kedaulatan NKRI, tidak berpolitik dan mampu mengoperasikan Alutsista yang diberikan rakyat terhadap Angkatan Udara

“TNI AU akan mempertunjukan Pasukan Bravo, Paskas I, Taruna, juga akan menampilkan peralatan tempur serta
peralatan sistim peralatan Udara, serta menampilkan pesawat, baik tanpa awak hingga pesawat tercanggih yang
kami miliki,” jelas KASAU lagi.

Dalam gelar Alutsista, TNI AU akan mengerahkan 150 unit pesawat berbagai jenis. Semua akan melakukan Fly Pass. Dan, 4 pesawat Sukoi beratraksi sebelum upacara dimulai, hingga pengangkutan para penerjun menggunakan pesawat Hercules.

KASAU menyampaikan terima kasih terhadap pemerintah SBY yang dalam Kurun waktu 10 tahun, memenuhi peralalatan Alutsista. Dirinya juga meminta maaf terhadap masyarakat Jatim khususnya yang akan menempuh perjalanan melalui penerbangan di Bandara Juanda.

“Sebagai Kepala Staf Angkatan Udara, saya minta maaf terhadap Masyarakat yang akan terkendala jadwal
perjalanannya. Namun di sini kita perlu saling mengerti, bahwa di sini kami menunjukan pada masyarakat umumnya sebagai pertanggungjawaban kami dengan Alutsuista yang dipercayakan kepada TNI,” ungkap Kasau. @rofik