Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Pasca diruwat warga Jogja, Amien tak datang ke pelantikan Jokowi 

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tidak terlihat dalam pelantikan presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (20/10/2014).

Sejak acara pelantikan dimulai hingga rampung, pendiri PAN yang beberapa hari lalu diruwat oleh perhatian Masyarakat Pelestari Tradisi (Pametri) di Jogja itu tidak menampakkan batang hidungnya.

Pihak PAN mengaku kehadiran Amien Rais telah diwakili Ketua Umum Hatta Rajasa. “Kan ada Pak Hatta Rajasa,” kata Ketua DPP PAN Viva Yoga Mauladi di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin siang.

Amien Rais, kata Viva, tidak dapat menghadiri pelantikan Jokowi-JK karena adanya acara keluarga yang tak dapat ditinggalkan.

“Pak Amien Rais berharap proses acaranya lancar damai sejuk,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa mengungkapkan alasan ketidakhadiran Amien Rais pada acara pelantikan Jokowi-JK karena ada agenda tersendiri. “Kebetulan Pak Amien ada agenda yang tidak bisa ditinggal,” ujarnya.

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian itu memastikan Amien Rais diundang dalam acara kenegaraan itu. Namun, yang bersangkutan berhalangan hadir.

“Ya tentu (diundang), beliau mantan ketua MPR. Tentu semua diundang,” katanya.

Dalam acara pelantikan Jokowi-JK, hampir semua ketua umum partai politik, dan tokoh partai politik hadir. Termasuk Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto yang menjadi rival Jokowi di pemilihan presiden 9 Juli 2014 lalu.

Bahkan dalam pidato kenegaraannya yang pertama, Jokowi menyebutkan nama Prabowo yang kemudian mendapat respons positif dari seluruh anggota MPR/DPR yang hadir dalam pelantikannya sebagai Presiden RI ketujuh.@ridwan_LICOM

Baca Juga:  Presiden Jokowi dihadiahi foto dirinya gendong anak Papua, di Pameran Foto "Membangun Indonesia"