Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Sikap kenegarawanan Prabowo bikin merinding, Ahok: Gentleman, Kesatria 

LENSAINDONESIA.COM: Sikap kenegarawanan yang ditunjukkan Prabowo Subianto beberapa hari terakhir menuai apresiasi dan pujian publik di tanah air, termasuk dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Plt Gubernur DKI Jakarta itu pun ‘angkat topi’ terhadap langkah Prabowo yang bersedia menghadiri pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

“Itu membuktikan kalau Pak Prabowo orangnya sangat gentleman. Ini namanya kesatria,” kata pria yang akrab disapa Ahok itu usai menghadiri pelantikan Jokowi-JK, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (20/10/2014).

Menurut Ahok, di dalam darah Prabowo telah mengalir darah seorang pahlawan, yakni ayahandanya Soemitro Djojohadikoesoemo. Sehingga, sejak kecil, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut telah terlatih untuk menjadi seseorang yang cinta tanah air.

Ahok berpendapat Prabowo secara legawa mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadinya. Seperti contohnya saat menerima Jokowi di kediamannya, di Jalan Kertanegara dan menghadiri paripurna pelantikan Jokowi-JK.

“Beliau dari lahir sudah jadi anak pahlawan, anak orang terkenal, tentunya beliau sangat terlatih mencintai bangsa ini di atas kepentingan pribadi. Karena kalau Pak Prabowo mengutamakan kepentingan secara pribadi, memang susah ya (hadir di pelantikan), tapi demi kepentingan bangsa negara, beliau itu terlatih menjadi seorang patriot sejati,” papar Ahok.

Sekedar informasi sebelumnya, ketika Prabowo menghadiri paripurna pelantikan Jokowi-JK, Basuki langsung bangun dari kursinya dan menyalami Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Selama proses pelantikan Jokowi-JK berlangsung, sikap Prabowo yang istimewa tersebut mengundang perhatian seluruh hadirin, termasuk petinggi berbagai negara yang menjadi tamu undangan.

Seluruh hadirin di dalam gedung DPR/MPR RI tampak terkesima saat Prabowo berdiri dan memberi hormat kepada Jokowi.

Moment tersebut terjadi saat Jowi membacakan pidato kenegaraan untuk pertama kalinya dalam Sidang Paripurna MPR/DPR.

Baca Juga:  Ratusan orang kampanye calon wali kota pilihan Risma di acara Car Free Day

Dalam sambutannya, Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para presiden dan wakil presiden yang hadir, dan tamu undangan dari luar negeri.

Secara khusus, Presiden yang akrab disapa Jokowi itu mengucapkan terima kasih kepada Prabowo Subianto.

Prabowo yang duduk di bangku khusus undangan itu langsung berdiri dan memberi hormat kepada Jokowi.

“Saya bisa merasakan para pendukung Prabowo merinding semua,” kata Pakar Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin dalam perbincangan dengan tvOne.@ridwan_LICOM