Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
KEDOKTERAN

Rajin konsumsi bir tiap hari jadikan pria lebih subur 

LENSAINDONESIA.COM: Bagi kaum pria, jika Anda sudah menikah dan ingin subur, maka minumlah bir setiap hari. Saran ini kedengaran aneh tetapi, memang begitulah yang diungkap dari hasil penelitian ilmiah di Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat.

Penelitian ilmiah di Massachusetts General Hospital ini mengklaim, mengonsumsi beberapa gelas bir sehari bisa meningkatkan kemungkinan memiliki bayi. Tapi justru sebaliknya, minum beberapa cangkir kopi malah buruk bagi reproduksi.

Kesimpulan itu diperoleh setelah mempelajari lebih dari 100 pria yang pasangannya sedang menjalani IVF (In-Vitro Fertilization/bayi tabung) antara tahun 2007 dan 2013. Massachusetts General Hospital menemukan orang-orang yang minum setengah liter setiap dua kali lebih mungkin untuk memiliki anak.

Namun peneletian di Massachusetts General Hospital menyebutkan kopi memiliki efek sebaliknya. Hasil penelitian mengutarakan lebih dari dua cangkir sehari minum kopi, peluang seorang pria menjadi seorang ayah menurun menjadi hanya 1 dari 5 kemungkinan.

Dokter kandungan di Massachusetts General Hospital, dr Anatte Karmon, mengatakan dia tidak bisa memastikan bahwa kafein dari kopi dan alkohol memiliki efek yang sama pada kehamilan alami. “Konsumsi kafein tinggi pada pria mengurangi kemungkinan pasangan mencapai kehamilan klinis, sementara konsumsi alkohol bagi laki-laki tampaknya meningkatkan peluang mereka, jelasnya.

Dia menambahkan segala sesuatu yang baik untuk kesehatan jantung, pasti baik juga untuk kesuburan asal sesuai dengan porsinya. “Jadi bagi pria lakukanlah latihan fisik dan makan diet seimbang juga,” pungkasnya. @andiono

Baca Juga:  Artis Vicky Nitinegoro ditangkap polisi terkait narkoba