Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Tidak dinyanya, mencengangkan. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mantan bakul ikan Pasar Pangandraan, Jawa Barat, memasuki hari kedua bertugas di kantor kementeriannya, mendadak dikejutkan seorang perempuan paruh baya, nubruk Menteri Susi sambil menangis.

Perempuan itu langsung merangkul erat Bu Menteri yang cuma berizasah SMP, namun kini berhasil memiliki 50 pesawat terbang.

“Oh my God, how are you,” kata Susi, balik memeluk erat perempuan bernama Riris mendekapnya itu.

“Puji Tuhan ya, Bu” jawab Riris, ekresinya haru.

Suasana dramatis mengharu biru pun meruyak. Petugas Kementerian tak berani mendekat, karena Menteri Susi terlihat seperti sangat menikmati rasa rindu bersama Riris yang diakui sebagai sahabatnya semasa masih muda di Pangandaran, Jawa Barat.

Keduanya sudah puluhan tahun tak pernah berjumpah. Kali ini, momen sangat mahal bagi Riris Lestari yang kebetulan pensiunan eselon III di Sekretaris Jenderal (Setjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan itu.

Karena Riris tidak asing di lingkungan Kementerian, dia tidak banyak hambatan saat akan melampiaskan rasa rindu untuk bertemu sahabatnya yang kini jadi menteri di bekas instansi tempatnya kerja.

Menteri Susi kebetulan saat itu akan mengadakan pers conference kali pertama dengan wartawan di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Praktis, terhambat sejenak gara-gara kejadian itu.

“Saya mengenal beliau (Susi) dari mulai nol,” kenang Riris menjawab pertanyaan wartawan.

Kala itu, Riris mengakui dirinya mengawali bekerja sebagai PNS, sedang Susi sebagai salah satu pelaku di industri perikanan. “Saya tahu persis. Dia itu kerja mulai dari bakul sampai akhirnya pengusaha yang sukses,” cerita Riris.

Riris bersyukur ternyata sahabatnya kini jadi menteri, dan di instansi tempatnya bekerja lagi. Ia mengatakan, Susi adalah sosok yang sederhana, pekerja keras dan mudah belajar. Meski pendidikan Susi cuma izasah SMP, tetapi pengalaman Susi membuat pengetahuannya setingkat para ahli.

Riris tidak menyangka Presiden Jokowi sangat jeli menemukan orang-orang berpontensi seperi Susi untuk membantu pemerintahannya. “Saya yakin Bu Susi dapat bembenahi persoalan di kementerian ini. Beliau cerdas, belajar sedikit saja sudah bisa,” ujar Riris. @duta/licom