LENSAINDONESIA.COM : PT XL Axiata Tbk (XL), berkomitmen mendukung usaha-usaha masyarakat terkait perbaikan kondisi sosial dan lingkungan hidup di seluruh Indonesia melalui kerjasama dengan 18 yayasan/lembaga sosial dalam program “Xmartdonasi”. Program ini meupakan bentuk penggalangan dana sosial masyarakat, khususnya pelanggan XL, dengan memanfaatkan layanan SMS dan UMB. Dana yang terkumpul berikutnya akan disalurkan melalui lembaga ke-18 lembaga sosial tersebut, untuk segala kegiatan sosial. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi bersama perwakilan masing-masing lembaga, di Jakarta, Senin (10/11).

“Sebagai penyedia layanan telekomunikasi, XL memiliki kemampuan untuk mempermudah pelanggan dan masyarakat maupun lembaga sosial dalam hal pengumpulan dana bagi kegiatan sosial.  Selain itu dengan jumlah pelanggan XL sebanyak 58.3 juta akan mempermudah yayasan-yayasan sosial untuk bisa menggalang dana.” ujar Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL.

Hasnul menambahkan, masyarakat dan pelanggan XL bisa memanfaatkan program “Xmartdonation” ini mulai 27 Oktober 2014 hingga 27 April 2015.  XL berharap, pelanggan dan masyarakat bisa memanfaatkan program ini untuk membantu penanganan masalah sosial di berbagai daerah. Lembaga sosial tersebut berfokus dalam program perlindungan dan pendidikan anak kurang mampu, kesehatan masyarakat, panti asuhan, perlindungan lingkungan hidup, serta pembinaan masyarakat pedesaan.

Untuk berpartisipasi dalam program Xmartdonasi, XL menyediakan 18 “kata kunci/keyword” sesuai dengan bidang masing-masing lembaga. Pelanggan XL cukup mengirimkan SMS cukup ketik Nama Lembaga (misal GNOTA / YCAB/ WWF) lalu kirim ke 5000 (pulsa akan terpotong Rp 5000) atau kirim ke nomor 2500 (pulsa akan terpotong Rp 2500), atau juga melalui menu UMB, ketik  *123*8461# – pilih menu donasi – pilih kategori donasi – pilih lembaga – masukan nominal.

Ke-18 lembaga tersebut adalah Rumah Wakaf Indonesia (RWI), PKPU, GNOTA, Masyarakat Ternak Nusantara (MTN), Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Aksi Cepat tanggap (ACT), Dompet Dhuafa, Sahabat Anak, Putra Sampoerna Foundation, Wahana Visi Indonesia (WVI), Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Yatim Mandiri, Yayasan Obor Berkat Indonesia, WWF, Karya Salemba Empat, Yayasan Cipta Taruna Madani, Yayasan Bakti Putri Pertiwi, dan Yayasan Anur.@Eld

Co editor : Andika eldon