LENSAINDONESIA.COM: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddi Chrisnandi, melakukan sidak di sejumlah tempat pelayanan publik, Selasa (18/11/2014).

Di Samsat Surabaya Timur, Menpan-RB menginginkan seluruh aparatur sipil negara yang berada di garda terdepan dalam memberikan pelayanan publik harus bekerja secara profesional dan memberikan kepuasan kepada publik.

Dalam sidaknya, ia memuji pelayanan yang ada di Samsat Surabaya Timur. “Bagus sekali. Pelayanan seperti di Samsat inilah yang diharapkan Presiden Jokowi yaitu cara pelayanan publik yang modern. Birokrasi tidak berbelit-belit,” ujarnya usai sidak di Samsat Surabaya Timur tadi.

Selain itu, pihaknya juga mengaku kagum dengan pola pelayanan yang sebaik di Samsat Surabaya Timur, bisa memangkas birokrasi sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan tidak bertemu dengan orang. “Sesuatu yang baru dan inovatif sehingga saya belum melihat kekurangannnya karena biasanya manual dan harus antri,” tegasnya.

Sementara Gubernur Jatim, Soekarwo yang ikut mendampingi Menpan-RB saat sidak, menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan inovasi pelayanan yang diberikan di Kantor Samsat Surabaya Timur, baik dalam pengurusan STNK maupun pajak bermotor prosedurnya tidak berbelit-belit. “Masyarakat bisa langsung dari atas mobil/drive thru melalui ATM atau secara manual melalui loket dilayani dengan baik,” jelasnya.

Gubernur jatim juga memastikan bahwa pelayanan masyarakat yang diberikan ini bukan rekayasa. Di Jatim ada 4 ATM Samsat dan 46 Samsat Drive Thru. Sebelumnya Jatim juga sudah mengembangkan layanan lainnya berupa Samsat Payment Point, Samsat Corner, Samsat Keliling, layanan link secara online se-Jatim dan e-Samsat.

“Pemprov Jatim melakukan inovasi layanan baru berupa ATM Samsat sebagai upaya meningkat pelayanan publik dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melakukan proses pengurusan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor maupun proses pengesahan STNK,” pungkas Soekarwo.@sarifa