Advertisement

LENSANIDONESIA.COM: Pemerintahan era Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementrian BUMN kini akhirnya memutuskan Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) menggantikan Karen Agustiawan di posisi yang sama  sebelumnya yang  telah mengundurkan diri.

Nama Dwi sebenarnya sudah tak asing lagi di lingkup Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

“Dwi Soetjitpto per tanggal 28 November 2014 telah diangkat sebagai Direktur Utama Pertamina periode 2014-2019,” ungkap Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, Jumat (28/11).

Proses seleksi menduduki posisi Dirut Pertamina tersebut melibatkan dua lembaga, yakni PT Daya Dimensi Indonesia, dan PPM Assesmen. Dan dari penyaringan tersebut ada 16 calon awal yang teklasifikasi dalam seleksi tersebut.

Menurut informasi yang diperoleh, nilai yang diperoleh Dwi paling tinggi saat itu, kemudian disusul CEO General Electric (GE) Indonesia Handry Satriago. Selain itu, Dwi juga digadang-gadang sebagai sosok yang banyak direkomendasikan. Sebab ia memiliki nilai plus dalam penguasaan pengetahuan global, domestik, serta kepemimpinan yang cukup maksimal. Namun, seperti apa kepemimpinan Dwi ketika mendapat giliran menjadi Dirut Pertamina kali ini? Semoga berdampak positif bagi kelangsungan Perseroan tersebut. @eld

Co editor : Andika eldon