Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Momen akhir tahun memang menjadi saat yang tepat untuk berkunjung ke negeri China. Selain momen hari natal dan tahun baru, periode tepat pada musim dingin menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke negeri tirai bambu.

Andre, salah satu guide travel yang sering membawa wisatawan ke China mengatakan masa musim dingin mulai bulan November sampai Februari banyak dimanfaatkan untuk berlibur bagi terutama turis dari Indonesia.

“Pokoknya kalau musimnya tidak ada di Indonesia, seperti musim dingin dan semi banyak disukai wisatawan,” kata Andre di Hong Kong Internasional Airport (HKIA), Selasa (2/12/2014).

Tak hanya itu, momen Hari Natal dan Tahun Baru sebagian besar  dimanfaatkan masyarakat asli Tiongkok untuk memanfatkan waktu liburan.

“Sebagian memang ketika kita tawari paket perjalanan banyak yang memilih akhir tahun. Karena kalau bulan – bulan seperti ini tidak terlalu dingin,” kata perempuan asli Surabaya ini.

Sementara itu ketika ditanya tujuan favorit, Andre mengatakan Kota Beijing dan Shanghai menjadi promadona. Selain menawarkan wisata Tembok China, banyak venue destinasi wisata ditawarkan dua kota paling gemerlap ini.

“Kalau kunjungan atau wisata yang sifatnya group series (rombongan) memang banyak memilih Beijing dan Shanghai. Selain itu kota Shenzhen sering menjadi tujuan karena ada Window of The World,” tambah Andre.

Sementara itu, situasi HKAI yang merupakan gapura pintu masuk menuju China terlihat ramai penumpang. Banyak pengunjung dengan tujuan transit atau mengakhiri perjalan terlihat meningkat pada akhir tahun.

“Kalau akhir tahun memang lalu lintas penumpang melonjak tajam. Salah satunya karena momen Natal dan Tahun Baru,” kata salah satu petugas informasi bandara.@iwan/*