LENSAINDONESIA.COM: Keindahan terumbu karang yang dimiliki Pacitan sangat potensial untuk pengembangan wisata air.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi X DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), saat mengisi masa reses dengan mengunjungi kawasan konservasi terumbu karang di Tawang desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kamarin.

“Saya melihat, potensi terumbu karang di Pantai Tawang ini sangat potensial untuk pengembangan wisata bawah air, ini bisa menjadi komuditas wisat baru di Pacitan,” tukas Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini.

Menurutnya, terumbu karang selain berfungsi untuk menjaga kelestarian ekosistem bawah laut juga memiliki nilai estetika sangat tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata.

“Selain dimanfaatkan sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan devisa negara, secara fisik karang melindungi pantai dari degradasi dan abrasi. fungsi yang lain, terumbu karang mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai sumber berbagai makanan dan bahan baku yang berguna dalam bidang farmasi dan kedokteran,” papar putra Presiden RI ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Untuk itu lanjut Ibas, perlu adanya konservasi dan pengelolaan untuk menjaga dan memelihara ekosistem tersebut dan habitat yang berasosiasi disekitarnya agar berada dalam kondisi yang baik.

“Saya mengharapkan, masyarakat dan pemerintah daerah bisa bersinergis dalam pengelolaan dan pengembangan potensi terumbu karang di pantai ini agar tetap bisa terus terjaga dan lestari,” imbuhnya.

Ibas pacitan kodak 1

Diakui Ibas, program pengembangan kawasan konservasi laut di Indonesia, pemerintah sebelumnya telah mencanangkan seluas 30 juta hektar perairan laut Indonesia sebagai kawasan konservasi laut.

“Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menjaga agar ekosistem didalam laut terus tetap terjaga kelestariannya, dengan tidak mengekploitasi berlebihan, melakukan penangkapan ikan dengan bahan peledak atau beracun serta kegiatan wisata yang merusak,” himbau Ibas.

Ibas pacitan kodak 2

Diketahui, luasan laut di perairan Pacitan yang mencapai sekitar 71 km, terdapat spot-spot terumbu karang dengan luasan sekitar 11,51 hektar.

Seperti di Pantai Tawang ini, kendati kecil namun lokasinya yang berada di kawasan Marine Protected Area (MPA) memungkinkan untuk bisa dijadikan sebagai pengembangan wisata terpadu.@arso