LENSAINDONESIA.COM: Komandan PangkalanTNI AL (Danlanal) Denpasar, Lantamal V Kolonel Laut (S) JuliusWidjojono mengelar aksi bersih-bersih di Kawasan PantaiKuta Bali. Hujan angin kencang dan musim angin barat yang terjadi beberapa hari terakhir di Bali mulai menggiring sampah di tengah laut ke tepi pantai Kuta.

Meski belum menumpuk banyak, ranting dan dahan kayu serta sampah plastik lainnya menyerbu pantai yang terkenal dengan pasir putihnya itu, Selasa (9/12). Melihat kondisi seperti itu ratusan gabungan anggota TNI wilayah kerja Kodam IX/Udayana melaksanakan aksi sosial dengan mengadakan Bhakti Sosial bersih – bersih pantai Kuta.

Tidak kurang dari 1 (satu) pleton anggota Lanal Denpasar dikerahkan untuk membantu pelaksanaan aksi Bhakti Sosial tersebut. Dengan menggunakan peralatan yang sudah disediakan oleh Dinas Kebersihan Kabupaten Badung, Lanal Denpasar bersama unsur TNI lainnya dibantu oleh anggota balawisata dan para pedagang acung yang ada di pantai Kuta saling bahu membahu untuk membersihan sampah kiriman tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Badung Putu Eka Merthawan mengungkapkan angin barat selalu membuat kotor Pantai Kuta. Untuk mengantisipasi datangnya berton-ton sampah, DKP Badung menyiagakan sedikitnya 23 personel Unit Reaksi Cepat (URC) beserta alat berat pembersih pantai yang disigakan di pantai Kuta. “Saat ini fenomena angin barat sudah mulai dirasakan dengan munculnya sampah kiriman berupa plastik. Namun skalanya masih kecil,” kata Merthawan.

Kadis juga mengucapkan terima kasih terhadap TNI, dengan kepeduliannya para anggota TNI tersebut membersihkan pantai Kuta yang merupakan ikon dari dari pariwisata di Bali. Dia berharap TNI tetap terus peduli dan ikut memberi bantuan sehingga sinergi antara TNI dan rakyat bisa terjalin harmonis.  Merthawan mengaku mendapat informasi dari nelayan bahwa sampah sekarang sudah berada di tengah laut. Secara perlahan sampah-sampah itu mulai ke pinggir.  “Kami memperkirakan puncak kiriman sampah itu akan terjadi Februari nanti,”ujarnya.

Autentifikasi

Penlantamal V TNI AL