Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
TECHNO

Lonjakan trafik data Smartfren hanya 10 persen di tahun baru 

LENSAINDONESIA.COM: PT Smartfren Telecomm Tbk selaku operator selular CDMA yang berfrekuensi  EVDO 850-1900 Mhz ini mempersiapkan kualitas jaringannya di momen Natal dan tahun baru 2015. Khususnya di area jawa, Bali, Nusra, lonjakan trafik voice bakal naik 20 persen, SMS 20 persen, dan data akan naik 10% dari aktifitas sehari-hari.

” Memang untuk lonjakan trafik voice dan SMS lebih besar dibanding lonjakan trafik data, hal ini disebabkan akses data justru jarang digunakan karena banyaknya pelanggan yang bepergian ke luar kota yang tak seberapa memerlukan akses data dibanding penggunaan voice dan SMS, “ujar Muhammad Cahyadi, Regional Head East Java Bali Nusa (EJBN) Smartfren saat ditemui  lensaindonesia.com di ruang kerjanya, Senin (29/12/2014).

Cahyadi menambahkan, kapasitas BTS (Base Transceiver Station) yang ada pada Smartfren di wilayahnya masih mumpuni mengcoverage lonjakan trafik Natal dan Tahun Baru 2015. Jadi, Smartfren tak akan melakukan penambahan BTS.

Untuk persiapan lonjakan tersebut, Smartfren telah melakukan penambahan kapasitas BTS sebanyak 1 carrer DO di semua BTS di East Java Bali Lombok. Kemudian upgrade processor (Module MP3) untuk BSC untuk Surabaya (2 module), Malang (1 module), Madiun (1 module), Jember (1 module), dan Denpasar (1 module). Upgrade processor MSC untuk Surabaya (1 module SMP) dari kapasitas 1 Gb menjadi 2 Gb. Lalu Upgrade kapasitas backbone Surabaya – Jember 150 Mbps dari kapasitas eksisting 500 Mbps sehingga total menjadi 650 Mbps. Berikutnya, upgrade kapasitas backbone Surabaya-Denpasar 300 Mbps dari kapasitas eksisting 300 mbps jadi total kapasitas menjadi 600 Mbps.@Eld

Co editor: Andika eldon

Baca Juga:  Terapkan Farmer2Farmer, peternak sapi perah ini berhasil tingkatkan produksi susu