LENSAINDONESIA.COM: Mampu meraih prestasi yang gemilang, Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jatim, meminta tambahan kuota Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) untuk proyeksi PON 2016 Jabar. Hal ini dilakukan karena Tarung Derajat sendiri sudah menentukan 17 kelas tarung yang akan dipertandingkan di ajang multi event empat tahunan tersebut.

Permintaan ini disampaikan langsung Ketua Umum Kodrat Jatim, Ir H Bambang Haryo S, ketika dihubungi Lensa Indonesia disela kesibukannya sebagai anggota DPR RI, soal pemberitahuan nomor yang akan dipertandingkan di PON 2016 Jabar.

Pemberitahuan yang terkesan mendadak itu membuat Kodrat Jatim berupaya untuk menambah kuota Puslatda. “Petarung Jatim sendiri selama ini telah menunjukkan prestasi yang cukup bagus setelah kemarin di Kejuaraan Internasional Tarung Derajat se-Asia Tenggara di Bali, mampu meraih 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu dalam 7 kelas yang dipertandingkan,” ungkapnya.

Bambang Haryo menambahkan, berdasar dari pertandingan kemarin di Bali, dirinya yakin bahwa petarung muda dari Jatim akan mampu tampil bagus. Hal ini terbukti dengan prestasi yang ditunjukkan atlet muda non Puslatda, Cahyo Harjo Prakoso. “Dia cukup bagus dengan merobohkan Adip G Putra dari Bali dalam waktu 20 detik. Padahal Adip G Putra sendiri kemarin di PON dan Kejurnas meraih medali emas dan raja di kelas 70.1-75 kg. Sayangnya di babak final, wasit tidak fair dan condong memihak lawan petarung dari Vietnam,” imbuhnya.

Tarung Derajat Jatim sendiri memang ditargetkan KONI Jatim untuk memperoleh 2 medali emas, sehingga Bambang Haryo S, berharap dukungan penuh. “Kami ingin membenahi lagi prestasi Tarung Derajat di PON 2016 Jabar nanti. Jadi di tahun 2015 ini, jadwal kami sudah padat dengan try out dan kejuaraan,” sambungnya.

Bambang Haryo menjabarkan jadwal itu adalah Selekda tim Pra PON Kodrat Jatim, Kejurnas pra-PON 2016 Jabar di Bali. Pomnas di Aceh, Kejuaraan Regional Asia Tenggara di Malaysia dan multi event Porprov V KONI Jatim di Banyuwangi. “Dengan jadwal sebanyak itu, kami yakin dan optimis dapat memenuhi target di PON XIX 2016 Jabar,” paparnya.

Sekedar diketahui, petarung Kodrat Jatim tampil gemilang di tahun 2014 dengan meraih 3 medali emas dalam Kejurnas Piala Presiden dan 1 medali emas di Kejuaraan Internasional Tarung Derajat se-Asia Tenggara di Bali 12-14 Desember yang diperoleh Rismianty Amelia yang mewakili Indonesia di ajang tersebut. “Ini bisa jadi momentum bagus buat Jatim. Karena itu kami terus tingkatkan prestasi yang memang sudah bagus ini,” terang Bambang Haryo. @angga