Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Miss Universe, Paulia Vega bakal mendapatkan titel baru sebagai negoisator perdamaian. Ini bila ia mengabulkan undangan pemberontak milis FARC di Kolombia.

Pemberontakan yang terjadi di Kolombia hampir 50 tahun tersebut bisa jadi usai atas bantuan perempuan 22 tahun yang baru saja terpilih sebagai perempuan tercantik sejagad tersebut.

Dalam situs pemberontak, kelompok ini menerima tawaran si ratu kecantikan saat menang di ajang Miss Universe. Sebelumnya, mahasiswi bisnis dari wilwyah pesisir Karibia itu kerap mengungkapkan ingin terlibat dalam perjanjian damai yang dilakukan sejak November 2012 di Havana.

“Kami membaca ketertarikan anda untuk berkontribusi untuk menciptakan perdamaian,” kata Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) dalam sebah pernyataan di situs mereka pada Jumat (6/2) malam.

Pemberontak FARC juga mengatakan akan menyambut Vega untuk berkunjung ke Havana. “Kami mengundang Anda dalam kunjungan Anda untuk menyampaikan perkembangan mengenai pembicaraan damai.”

Tidak dijelaskan bagaimana Miss Universe bisa membantu memecahkan jalan buntu atas upaya perdamaian ini. Vega sendiri belum merespon undangan dari pemberontak Kolombia.

Sejauh ini, perjanjian yang dicapai adalha masalah reformasi agraria, penghentian perdagangan obat terlarang. dan membawa FARC ke ranah politik formal. Namun, hal tersebut belum teraplikasi hingga kini.

November lalu, perjanjian damai antara pemerintah dan FARC terancam gagal setelah kelompok itu menculik seorang jenderal tinggi militer Kolombia. @sita