LENSAINDONESIA.COM: Tak punya uang buat main game online, dua ABG warga Jl Putat Jaya C Barat, IL (15) dan tetangganya, Arif (18), nekat melakukan penjambretan terhadap Rizka warga Jl Dukuh Tembok di Jl Bintoro.

Peristiwa penjambretan itu terjadi saat korban usai berolah raga di kawasan Taman Bungkul, bertepatan dengan Car Free Day (CFD). Ketika sedang bersantai, dia didatangi kedua tersangka yang mengendarai motor Honda Beat L 6979 JR dan merampas paksa handphonenya.

Aksi kedua ABG pelaku penjambretan ini diketahui anggota Unit Resmob Polrestabes Surabaya yang langsung melakukan pengejaran. Pelaku yang sadar dikejar petugas, terus berusaha melarikan diri dengan menggeber motornya. Namun polisi lebih lihai dan berhasil meringkusnya di Jl Pakis.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sumaryono mengatakan, aksi kedua penjambretan kedua ABG itu dilakukan karena ketagihan main game online. Karena tak punya uang, mereka nekat mengambil jalan pintas.

“Aksi tersangka ini sempat mendapat perlawanan dari korban. Namun karena kalah tenaga, handhone berhasil dirampas kedua pelaku. Korban yang berteriak didengar anggota Resmob yang sedang melakukan patroli dan langsung melakukan pengejaran,” terang AKBP Sumaryono

Alumni Akpol 1996 ini menambahkan, khusus tersangka IL, karena usianya masih tergolong anak dibawah umur, pihaknya bekerja sama dengan Bapas untuk melakukan pembinaan. “Sementara tersangka Arif, polisi menjeratnya dengan pasal 365 KUHP dan dincam hukuman tujuh tahun penjara,” pungkasnya. @rofik