LENSAINDONESIA.COM: Dalam rangka mensterilkan ruang tahanan, Sat Sabhara Polrestabes Surabaya menggelar razia setiap blok, Selasa (17/2/2015) sekitar pukul 16.00 WIB. Hasilnya disita 12 handphone, uang Rp 3.225.000, tali sepatu dan empat ikat pinggang.

Kasat Sabhara AKBP Gatot Repli Handoko yang memimpin langsung razia tahanan Polrestabes Surabaya ini mengatakan, bahwa hal semacam ini menjadi agenda rutin dan akan terus dilakukan dengan waktu yang acak untuk menghindari kebocoran. “Dalam satu bulan, kami lakukan razia sel tahanan lima sampai enam kali. Waktunya tak tentu agar tak tercium oleh tahanan,” terangnya.

Razia tahanan Polrestabes Surabaya ini selain untuk mensterilkan sel dari barang yang diselundupkan seperti Narkoba, juga mencegah adanya barang yang dimungkinkan membahayakan untuk menyerang tahanan lain ataupun bunuh diri.

“Kami tidak ingin ada barang yang membahayakan jiwa tahanan, seperti tali logam maupun ikat pinggang. Agar hasilnya lebih maksimal, kami juga melakukan koordinasi dengan Kasat Tahanan dan barang bukti (Tahti),” pungkas AKBP gatot Repli Handoko yang pernah menjadi Komandan Densus 88 ini. @rofik