Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
CANTIKA

Megawati: Wanita Indonesia harus percaya diri 

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri meminta perempuan Indonesia terus meningkatkan percaya diri.

Sebagai perempuan Indonesia, kata Mega, tidak boleh minder (rendah diri) saat bertemu dengan perempuan mancanegara.

Menurutnya, perempuan Indonesia perlu berbangga sebab hanya di Indonesia hak wanita diakui dan memiliki hak yang sama dengan kaum pria.

“Kaum perempuan Indonesia tidak kalah dengan perempuan dunia. Begitu banyak di belahan dunia para perempuan minta haknya. Tapi di Indonesia begitu arifnya dan penuh filosofi, di mana setiap warga negaranya mempunyai hak yang sama,” kata Megawati dalam pidato peringatan Hari Perempuan Sedunia di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (08/03/2015).

Mega mengatakan, sebagai negara besar, Indonesia telah banyak melahirkan banyak perempuan yang bisa menginspirasi dunia. Bahkan, lanjut Presiden RI ke 5 ini, beberapa perempuan hebat nusantara sudah menjadi ispirasi dunia sejak zaman kerajaan.
“Ada perempuan sangat terkenal dan arif, yaitu Gayatri Gaya Patmi itu pada zaman Majapahit. Lalu kalau kita melihat sebelum merdeka di Aceh, Cut Nyak Dien yang dia tak pernah berhenti bertempur melawan Belanda. Ada juga Laksamana Malahayati, dan masih banyak lagi,” sebut Mega.

Namun menurut Mega, perempuan Indonesia saat ini sudah banyak yang melupakan nama-nama pahlawan. Yang membuat dia miris lagi, semangat perjuangan para pahlawan itu hampir tidak tampak lagi. Contoh hal semangat tempur pahlawan perempuan dari Aceh, Cut Nyak Dien.

“Banyak pahlawan namun tidak banyak yang kenal lagi. Cut Nyak Dien itu dirinya berjuang sampai akhirnya dia ketangkap ketika masih berjuang dan usia 80-an. Dan justru yang menyerahkan diri ke Belanda adalah tangan kanannya sendiri, karena tak sampai hati lagi melihatnya sudah sepuh (tua) dan hampir buta. Dan beliau dimakamkan di Jawa Barat,” pungkas Megawati.@ridwan_LICOM/l6

Baca Juga:  Pancasila itu sudah bersyariah dan mampu mengayomi semua golongan agama