LENSAINDONESIA.COM: Lukisan bunga dari cat air karya Adolf Hitler sewaktu muda akan dilelang di Los Angeles pekan ini, seperti dikutip AFP. Pemimpin Nazi itu sempat bercita-cita jadi seniman.

Lukisan kanvas produk tahun 1912 dibuat ketika masih berusia 20-a. Penyelenggara lelang mengumumkan akan memulai lelang pada Kamis pekan ini di lembaga lelang Nate D. Sanders. Lelang akan dimulai pada harga 30.000 dolar AS atau sekita Rp389 juta.

Lukisan berukuran 34,3 dan 27,3 cm ini memperlihatkan sebuat pot bunga keramik biru berisi bunga warna jingga, merah dan merah muda lembut. Pada usia itu Hitler fokus memperhatikan lanksap dan arsitektur.

Hitler pindah ke Wina sebagai anak muda yang bercita-cita menjadi seniman. Ironisnya, seorang dealer seni Yahudi menyukai bakat Hitler ini dan menjual beberapa lukisan Hitler kepada klien-kliennya orang-orang Yahudi kaya di Wina mulai 1911.
Ketika pemimpin Nazi anti-Yahudi ini mulai berkuasa pada 1930-an, pasukannya menyita galeri Morgenstern dan memindakan lukisan-lukisan itu ke Lodz Ghetto di mana Morgenstern meninggal dunia pada 1943. @sit/ant