Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

DPR tambah Rp14 triliun untuk program pengentasan kemiskinan 

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay menyatakan kenaikan harga BBM dinilai akan berdampak luas bagi masyarakat. Sebab, kata Saleh berimplikasi naiknya harga-harga bahan kebutuhan pokok, kenaikan harga BBM diyakini akan menyebabkan munculnya pengangguran di berbagai pelosok tanah air.

“Pada titik tertentu, dampak kenaikan BBM paling dirasakan oleh masyarakat miskin,” kata saleh saat dihubungi licom, di Jakarta, Senin (30/3/2015).

Menurut Saleh berkenaan dengan itu, pemerintah, dalam hal ini kementerian sosial, diminta untuk segera melakukan langkah-langkah antisipatif. Terutama untuk segera melakukan verifikasi data kemiskinan yang ada.

“Setelah validasi data dilakukan, kementerian sosial diharapkan dapat segera mendistribusikan bantuan melalui program kartu keluarga sejahtera (KKS) yang sudah diprogramkan. Begitu juga program-program lainnya, seperti penambahan penerima program keluarga harapan (PKH),” ujarnya.

“Di dalam APBN-P, komisi VIII telah menyetujui penambahan alokasi anggaran kurang lebih Rp14 triliun untuk program-program pengentasan kemiskinan di kemensos. Untuk program KKS saja telah disetujui pendistribusiannya untuk 3 bulan. Begitu juga penambahan penerima program keluarga harapan,” tambah Saleh.

Dengan kenaikan BBM yang tiba-tiba seperti ini, program-program jaringan pengaman sosial seperti harus segera dieksekusi. Diharapkan, program-program itu dapat mengurangi dampak kenaikan BBM bagi masyarakat miskin. Setidaknya, mereka bisa menyesuaikan diri untuk masa tiga bulan ke depan.

Selain itu, program-program lain seperti KUBe (kelompok usaha Bersama), RTLH (rumah tidak layak huni), dan lain-lain juga sebaiknya segera diimplementasikan. Program-program itu diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat miskin.

Penciptaan lapangan kerja sangat penting dalam suasana seperti ini.

“Selain untuk meringankan keluarga sasaran, penciptaan lapangan kerja juga diyakini akan berdampak langsung bagi masyarakat di sekitarnya,” pungkasnya. @endang