LENSAINDONESIA.COM: Pernikahan putera sulung Presiden Joko Widodo akan digelar Juni mendatang. Saat ini, desainer Tuty Adib tengah mempersiapkan sejumlah desain baju pengantin untuk kedua mempelai.

Gibran Rakabuming akan menikahi kekasihnya yang mantan Puteri Solo 2009, Selvi Ananda. Tuty Adib mengatakan telah diminta Ibu Negara Iriana untuk mendesain baju pengantin sang mempelai.

“Ya, benar, saya memang dipasrahi untuk mendesain dan menyiapkan busana pernikahan untuk kedua mempelai. Juga busana untuk keluarga inti calon mempelai,” kata Tuty Adib, Jumat (10/4/2015).

Permintaan itu terjadi dua pekan lalu oleh Iriana langsung. Kata Tuty, Iriana datang bersama keluarganya.

Tuty Adib dikenal memiliki brand busana muslim Bilqis ini di Solo, Jawa Tengah. Tuty juga kerap tampil di Indonesia Fashion Week.

Ia menjelaskan, ada beberapa desain baju yang dipesan untuk tiga tahapan acara pernikahan. Untuk pengajian, berupa busana muslim untuk mempelai wanita dengan warna hijau.

Tuty memilihkan bahan sifon. “Karena selain lembut, ringan juga nyaman dipakai. Sedangkan busana mempelai laki-lakinya baju taqwa dengan warna yang sama,” papar Tuty.

Untuk momen midodareni, Gibran bakal mengenakan beskap landung. Untuk mempelai wanita mengenakan kebaya Jawa. “Warnanya hijau agak kekuningan, hijau segar,” ucap Tuty.

Sedangkan untuk busana akad nikah, calon pengantin perempuan memilih kebaya kutu baru, yang pernah dipakai Iriana saat dilantik. Kala itu, Iriana mengenakan kebaya kutu warna oranye.

Gibran sendiri akan mengenakan beskap.

“Mbak Selvi memilih warna broken white (putih tulang) untuk acara akad nikah. Mas Gibran juga akan mengenakan busana dengan warna senada. Sementara Ibu Ana (Iriana Jokowi) juga akan mengenakan kebaya kutu baru dengan warna merah agak oranye, ” tutur Tuty.

Menurut Tuty, busana-busana tersebut bakal dirampungkan dalam waktu 2 bulan ini. Saat ini, baju pesanan masih dalam tahap pembuatan dan pengukuran. “Kalau fitting belum,” katanya.

“Insya Allah bulan Mei selesai. Karena kan acara nikahnya bulan Juni,” pungkas Tuty.@sita/lpt