Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Ashadi Siregar, novelis kondang tahun 80-an yang karyanya novel “Kampus Biru” sempat jadi trending topic anak muda era 80-an, berniat menjual gedung kantor dan tempat pendidikan di Sleman Yogyakarta, yang berasal dari dana hibah tahun 1993. Pensiunan dosen FISIP UGM ini mencari pembeli lewat akun pribadinya di sosial media facebook.

“Dengan perjalanan waktu, usia sudah semakin larut, untuk menghindari permasalahan di kemudian hari, siapa tahu syaitan dengan kerakusannya meng- ”intruding”, maka kami memutuskan untuk menjadikan tanah dan bangunan tsb sebagai dana segar untuk memodali kegiatan sesuai cita-cita bersama,” demikian dosen FISIP UGM itu menegaskan, di akunnya bernama Ashadi Siregar, Rabu malam (15/4/15).

Menawarkan aset pendidikan ini, diakui Ashadi, hasil kesepakatan bersama Hotman M Siahaan, Daniel Dhakidae, dan Masmimar Mangiang. Ketiga sosok aktivis, akademisi dan  jurnalis ini sepanjang karier mereka –juga Ashadi Siregar– sangat konsisten tidak tergiur panggung birokrat dan politik praktis. Mereka merupakan yang berhak atas pengelolaan dana hibah dan sumbernya tidak disebut Ashadi.

“Tahun 1993, atas prakarsa dan relasi pesonal dari rekan-rekan Hotman M Siahaan,
Daniel Dhakidae dan Masmimar Mangiang, kami memperoleh dana hibah, untuk kemudian dibelikan sebidang tanah di Sleman Yogyakarta. Untuk keperluan status hukum, tanah tersebut disertifikatkan atas nama saya, Ashadi Siregar,” tulis Ashadi. Di atas tanah itu dibangun gedung kantor dan tempat pendidikan.

Ashadi hanya menyampaikan tujuan secara singkat kenapa fasilitas pendidikan itu terpaksa dijual. “Dengan dana segar, kelanjutan kegiatan dapat diestafetkan pada generasi yang lebih muda,” ungkap alumni FISIP UGM yang  3 Juli tahun ini genap berusia 70 tahun..

Tanah berstatus SHM tersebut berlokasi di kawasan Utara Yogyakarta, tepatnya Jalan Kaliurang Km 13,7 Sleman DIY, posisinya 300 m selatan kampus UII, masuk kl. 50 m. Luas tanah: 2960 m2, untuk tapak bangunan terpakai kl. 14 persen Bangunan Gedung Induk 2 lantai (sebelumnya sebagai kantor & tempat pendidikan): 600 m2 Bangunan Rumah Penjaga: 45 m2 Carport untuk 5 mobil.

Harga tanah di kawasan ini antara Rp3,5 – Rp4 juta per m2. @licom_09