Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
CSR

PT Pelindo III Tanjung Perak berikan pelatihan kewirausahaan 

LENSAINDONESAI.COM: PT Pelindo III Tanjung Perak kembali salurkan dana pinjaman Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) tahap I realiasi ke-26 tahun 2015 sebesar Rp 932.500.000,-. Dana tersebut diberikan kepada 39 Mitra Binaan di wilayah Surabaya dan Jawa Timur mulai dari sektor Perindustrian, Perdagangan, Peternakan, Pertanian, Perikanan, dan Perkebunan serta jasa lainnya. Hal ini melalui survey dan proses seleksi ketat, dengan memperhatikan dasar-dasar penilaian 4P dan 5C (Personality, Purpose, Prospect, Payment dan Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition).

Eko Harijadi Budijanto, General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak mengatakan, bahwa penyaluran pinjaman lunak ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility serta wujud kepedulian terhadap masyarakat yang ingin menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan di era persaingan global saat ini.

“Sasarannya, dibagi berdasarkan wilayah meliputi 15 mitra binaan Surabaya, 9 mitra binaan Sidoarjo, 3 mitra binaan Malang, 2 mitra binaan Kediri, 2 mitra binaan Blitar, 1 mitra binaan Mojokerto, 2 mitra binaan Jombang, 6 mitra binaan Pasuruan, dan 2 mitra binaan Trenggalek,” tandas Eko di Hotel Bisanta Bidakara Surabaya, Kamis (16/04/2015).

Untuk mempermudah proses pembayaran angsuran oleh mitra binaan, sekaligus monitoring dan evaluasi, maka PKBL Pelindo III Tanjung Perak bekerja sama dengan Bank Jatim Cabang Tanjung Perak untuk pembukaan dan pengelolaan rekening simpeda kepada anggota.

Selain itu, mereka para mitra binaan juga dibekali Pelatihan Managemen kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Pelindo III Tanjung Perak untuk 39 mitra binaannya selama 2 hari di Hotel Bisanta Bidakara Surabaya tersebut.

“Pelatihan yang diberikan selama dua hari lalu diharapkan dapat menambah ilmu dan pengetahuan baru tentang menjalankan suatu usaha serta bagaimana cara memasarkannya. Eko juga berjanji akan memberikan info kepada mitra binaan Pelindo III, jika ada acara khusus seperti saat Pelabuhan Tanjung Perak didatangi oleh kapal pesiar dimana didalam terminal penumpang Gapura Surya Nusantara selalu ada pameran kecil dari para mitra binaan Pelindo III untuk menjual produknya dan kedepan tidak hanya pameran saja namun diharapkan para mitra menunjukkan bagaimana cara membuat produknya,”jelas Eko.

Baca Juga:  Halal Institute: Persoalan tarif, Kenapa KMA 982 beri wewenang tunggal ke MUI?

Dhany Rachmad Agustian, Humas PT Pelabuhan Indonesia III  Tanjung Perak berharap bahwa penyaluran dana kemitraan KBL ini, PT Pelindo III Tanjung Perak bisa membantu pengembangan usaha bagi para pengusaha kecil. Dan diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat, dapat memberikan pelayanan dalam menjalankan usahanya, sehingga dapat terus memperoleh peningkatan laba, karena dengan laba tersebut  Pelindo III Tanjung Perak dapat membantu pengembangan usaha bagi para pengusaha kecil melalui penyaluran pinjaman lunak tersebut.

Tercatat sejak tahun 2003 PT Pelindo III Tanjung Perak telah menyalurkan bantuan kepada 1.464 Mitra Binaan di wilayah Jawa Timur dengan total dana lebih dari 32 milyar rupiah.@Eld