LENSAINDONESIA.COM: Di kala pemimpin negara-negara Asia Afrika tengah berkonsentrasi mengikuti KTT, para istri delegasi masing-masing negara diajak Ibu Negara Iriana Joko Widodo belajar membatik di Museum Tekstil, Jakarta Barat, Rabu (22/4/2015).

Dalam acara bertema Spouse Programme, dihadiri istri kepala negara Timor Leste, Afrika Selatan, Angola, Madagaskar dan Zimbabwe itu, para ibu negara berkesempatan membuat batik bermotif klasik. Mendampingi Ibu Negara antara lain Ibu Mufidah Jusuf Kalla (istri Wakil Presiden RI) dan istri Gubernur DKI Jakarta Veronica Tan.

Ibu Negara Iriana dalam kesempatan itu mengenakan kebaya modern berupa kain batik perpaduan hitam dan cokelat dipadu dengan atasan berwarna merah jambu dan selendang batik yang senada dengan kain batik. Sementara Mufidah Kalla mengenakan baju kurung berwarna hijau tosca dipadu dengan kain songket.

Tak hanya melihat koleksi Museum, Ibu Negara dan Mufidah Kalla juga mengajak tamunya untuk melihat langsung proses pembuatan batik tulis. Ny Taur Matan Ruak dan Ny Robert Mugabe bahkan mencoba langsung bagaimana proses membatik.

“Sudah disiapkan kain dengan motif batik, mereka tinggal mencanting,” ujar Staf Pameran dan Edukasi Museum Tekstil Sari Permana, Sari Permana.

Selain membatik, para ibu negara peserta KAA diajak melihat-lihat koleksi kain, pakaian adat dan batik nusantara di Museum Tekstil selama satu jam. Salah satu koleksi kain yang menonjol adalah kain asal Nusa Tenggara Barat.

“Bertepatan dengan tema memperingati 200 tahun meletusnya Gunung Tambora, kami menampilkan koleksi NTT didukung juga koleksi lain,” tutur dia.

Museum Tekstil memiliki koleksi 2350 kain dan busana tradisional Indonesia, meliputi 886 kain batik, 819 kain tenun, 425 koleksi campuran, 70 koleksi peralatan dan 150 busana serta tekstil kontemporer.

Usai melihat-lihat berbagai koleksi, para tamu negara dijamu dengan makanan dan minuman khas Indonesia, yaitu bubur sumsum, risol, lemper, onde onde, bika ambon dan es kelapa.

Pada Rabu malam, Ibu Negara dijadwalkan mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara makan malam bersama kepala negara dan delegasi peserta Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika. @sita/ant