Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
HEADLINE JATIM RAYA

Warga Ponorogo waspada tanah retak 

LENSAINDONESIA.COM: Bencana tanah retak menimpa wilayah Dukuh Kangkungan, Desa Puhijo, Kecamatan Sampung Ponorogo. Keretakan tanah tersebut karena adanya pergeseran tanah dan konstruksi yang rapuh dan labil dengan kandungan tanah didalamnya yang cukup tinggi.

“Tanahnya sendiri bergerak dan amblas, otomatis rumah yang berada di area tersebut temboknya juga banyak mengalami retakan yang cukup parah,” ucap Hartanto, Kepala Desa Puhijo.

Dari pantauan lensaindonesia.com di lokasi bencana tanah retak, rekahan tanah ada yang mencapai 1 meter lebih dan amblas sekitar 50 centimeter. Keretakan dan amblasnya tanah tersebut mengancam tujuh rumah warga yang berada di dalam lokasi tanah retak tersebut, bahkan di antaranya lantai dan temboknya mengalami keretakan yang cukup lebar.

Karena parahnya keretakan di lantai dan tembok, beberapa warga terpaksa harus mengungsi, bahkan salah satu rumah warga milik Slamet terpaksa harus dirobohkan karena membahayakan penghuninya.

Disebutkan oleh salah satu perangkat Desa Puhijo, Parnun yang mengantarkan reporter lensaindonesia.com ke lokasi rekahan tanah, area yang berada dalam lingkaran terdampak tanah retak dan amblas ini mencapai sekitar 3 hektar. “Ada sekitar 3 hektar mas luasnya ini,” ucapnya.

Tak hanya itu, jika turun hujan yang cukup deras, akan menyebabkan bertambahnya rekahan dan amblasnya tanah. Yang dikhawatirkan warga, yaitu jika turun hujan yang cukup deras dalam waktu yang lama, dan akan mengakibatkan longsor, bila hal itu terjadi ada sekitar 15 rumah yang berada dibawahnya terancam longsoran.

“Jika hujan turun cukup deras ini nanti akan membahayakan selain tujuh rumah didalam lokasi ini, juga mengancam sekitar 15 rumah yang ada dibawahnya,”terang Parnun.

Sementara itu Rakimin putra dari salah satu pemilik rumah yang rusak mengatakan: ”Kami terpaksa harus mengungsikan orangtua kami, karena kondisi rumah sangat membahayakan, tembok dan lantainya retak, bahkan tembok salah satu kamar sudah roboh.”@arso

Baca Juga:  Bakamla RI tangkap kapal timah dan 4 kapal pengangkut minyak ilegal