Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

Kasus pungli pelantikan Kepsek mandek, Komisi D DPRD Garut masuk angin 

LENSAINDONESIA.COM: LSM Lidik menuding Komisi D DPRD Kabupaten Garut, Jawa Barat, masuk angin dalam menindaklanjuti adanya pungutan uang sebesar Rp 3,5 Juta, pada setiap Kepala Sekolah SD dan SMP, yang baru dilantik, oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, pada tanggal 20 April 2015 lalu.

Ketua DPC LSM Lidik Garut, Heru Sugiman mengatakan, sampai saat ini hampir tidak ada upaya apa pun dari DPRD, termasuk memanggil pihak-pihak yang terkait.

Komisi D DPRD Garut, lanjut Hetu, seperti tidak ada nyali melakukan pemanggilan terhadap para pejabat teras Dinas Pendidikan, UPTD beserta Ketua MKKS.

Dimana berdasarkan hasil informasi yang dihimpun LSM Lidik dana sebesar Rp 3,5 Juta tersebut dikoordinir oleh masing-masing UPTD Pendidikan, yang kemudian disetorkan pada Dinas Pendidikan.

“Saya heran dengan Komisi D DPRD yang membidangi Kesehatan dan Pendidikan, yang terkesan tidak mau mengambil langkah, berbeda dengan sebelumnnya yang begitu lantangnya menyebutkan adanya Indikasi pungutan pada setiap Kepala Sekolah yang akan dilantik,” ujarnya di Gedung DPRD Garut, Jumat (08/05/2015).

Dijelaskannya, adanya pungutan biaya sebesar Rp 3,5 Juta kepada Kepala Sekolah yang hendak dilantik, diperuntukan untuk biaya pelantikan. Padahal sudah dengan jelas Bupati Garut, Rudy Gunawan, memngatakan jika proses pelantikan ini tidak ada yang dipungut biaya sepeserpun.

“Kami menjamin tidak ada biaya sepeserpun yang diminta dari Kepala Sekolah yang dilantik, jika ada laporkan,” jelas Heru menirukan suara Bupati Garut, pada saat usai melakukan pelantikan beberapa saat lalu.

Dirinya berharap, kasus adanya pungutan liar ini, tidak dibiarkan dan mesti diusut tuntas. Jika hal ini dibiarkan akan menjadi presiden buruk bagi dunia Pendidikan Garut, yang selama ini sudah menjadi sorotan berbagai kalangan.

Baca Juga:  Sidang di PN Surabaya, Kanjeng Dimas tak didampingi kuasa hukum

Sementara Ketua Komisi D DPRD Garut, beserta anggotanya, saat hendak dikonfirmasi, adanya tudingan dari LSM Lidik Garut, tidak ada yang mau memberikan komentar sedikitpun.

Diketahui, Bupati Garut Rudy Gunawan, melakukan proses pelantikan Kepala Sekolah sebanyak 282 orang, yang bertempat di Gedung Pendopo Garut tertanggal 20 April 2015 lalu.@taufiq_akbar